Manakah diantara sistem manusia berikut ini yang terkena pengaruh gas bius?​

Manakah diantara sistem manusia berikut ini yang terkena pengaruh gas bius?​

Jawaban

Sistem manusia yang terkena pengaruh gas bius adalah sistem saraf. Gas bius merupakan obat anastesi yang digunakan dalam dunia kesehatan untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada saat dilakukan operasi.

Pembahasan

Sistem saraf adalah jaringan kompleks yang berfungsi untuk mengatur semua kegiatan dalam tubuh. Berdasarkan jenisnya, sistem saraf pada manusia dibedakan menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari sumsum tulang belakang dan otak.  Sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf somatik  dan sistem saraf otonom. Otak merupakan pusat kendali yang bertugas untuk mengatur segala fungsi dalam tubuh. Sumsum tulang belakang dalam sistem saraf berperan sebagai pengendali rangsangan yang menimbulkan respon reflek. Biasanya respon reflek melewati sumsum tulang belakang. Contohnya yaitu pada saat kita menginjak paku, maka otomatis tubuh kita mengangkat kaki dengan cepat.

Check Also

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada? Jawaban Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam …