Sebutkan jenis-jenis panggung yang digunakan dalam pertunjukan seni tari!

Sebutkan jenis-jenis panggung yang digunakan dalam pertunjukan seni tari!

Jawaban

Jenis-jenis panggung yang lazim digunakan dalam pertunjukan seni tari ada 3 jenis. Ketiganya diantaranya panggung Thrust, panggung Proscenium, dan panggung Arena.

Pembahasan

Jenis-jenis panggung dalam seni tari antara lain:

1) Panggung Arena, dimana posisi duduk penonton mengelilingi panggung dengan tanpa dekorasi panggung yang dipasang secara vertikal dan tertutup karena dapat menghalangi penonton. Jenis panggung ini sering dipilih sebagai tempat pertunjukkan tradisional.

2) Panggung Proscenium, dimana penonton menyaksikan pertunjukan pada panggung berbentuk melengkung (proscenium arc). Ciri panggung jenis ini adalah jarak antara pemain dan penonton yang relatif jauh sehingga menguntungkan bagi pemain maupun kru balik layar. Pemain dapat lebih mendalami perannya dan properti panggung tidak harus dibuat sedetail mungkin.

3) Panggung Thrust, gabungan antara panggung arena dan proscenium. Bagian depan panggung dibuat menjorok kedepan dengan penonton yang ditempatkan di sisi kanan dan kirinya tanpa ada batas yang terlalu jauh. Desain panggung ini akan menciptakan ilusi kedalaman objek dan menciptakan perspektif. Jenis panggung ini pernah  digunakan juga sebagai panggung berjalan sebuah karnaval pada abad pertengahan.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …