Jelaskan pengertian pluralisme keagamaan dan model pluralis hubungan iman Kristen dengan agama dan kepercayaan lain!

Jelaskan pengertian pluralisme keagamaan dan model pluralis hubungan iman Kristen dengan agama dan kepercayaan lain!

Jawaban

Pluralisme agama merupakan kondisi hidup dengan antar agama yang berbeda-beda di dalam suatu komunitas atau masyarakat dengan senantiasa menjaga sifat – sifat detail atau ajaran setiap – setiap agama. Salah satu  model atau jenis pluralis pada hubungan atau interaksi iman Kristen terhadap kepercayaan atau agama lain yaitu model kaum ortodok-injil, yang beranggapan bahwa hanya ada satu agama yang benar dan hal tersebut harus meliputi ukuran Alkitab atau kitab suci Kristen. Berdasarkan Alkitab dikatakan semata-mata Yesus adalah Juru selamat dan agama – agama lain tidak mendapatkan keselamatan tersebut.

Pembahasan

Pluralisme agama merupakan suatu konsep yang memiliki makna atau arti yang luas, berkenaan bersama penerimaan atau interaksi antar agama-agama yang berbeda dan dipakai di dalam cara yang bermacam – macam pula sebagai berikut:

  • Untuk pandangan umum yang yang menunjukkan bahwa agama bukanlah hanya sumber yang spesifik mengenai kebenaran, sehingga pada agama-agama lain pun bisa ditemukan.
  • Untuk penerimaan terhadap konsep bahwa lebih atau dua agama yang serupa mempunyai kebenaran yang spesifik dan memiliki kasamaan.
  • Terkadang dipakai sebagai sinonim untuk ekumenisme, yakni upaya untuk mempromosikan atau memberitahukan sebuah taraf kerja sama,  kesatuan, dan pemahaman yang lebih baik antar agama-agama.
  • Juga sinonim untuk toleransi agama, yang adalah syarat sebelum untuk ko-eksistensi tentram antara beraneka pemeluk agama.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …