Sebutkan unsur-unsur pementasan teater?

Sebutkan unsur-unsur pementasan teater?

Jawaban

Unsur-unsur pementasan teater yaitu:

  1. Naskah atau Skenario
  2. Pemain
  3. Sutradara
  4. Pentas
  5. Properti
  6. Penataan

Seni teater disebut juga seni pertunjukan yang ditunjang dengan unsur gerak, suara, bunyi, dan rupa yang dijalin dalam sebuah cerita pergulatan tentang kehidupan manusia.

Pembahasan

Teater sendiri berasal dari bahasa Yunani, theatron yang artinya tempat atau gedung pertunjukan. Dalam perkembangannya, kata teater memiliki arti yang lebih luas dan diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukan di depan orang banyak. sedangkan Seni teater bisa juga diartikan segala keseluruhan yang mencakup gedung, pekerja (pemain dan kru panggung), sekaligus kegiatannya (isi pementasan atau peristiwanya).

Pembahasan tentang unsur unsur seni budaya

  1. Naskah Atau Skenario
    Naskah berisi dialog atau kisah yang akan dipentaskan dan yang akan diperankan oleh seseorang, untuk kemudian dipentaskan. Dari naskah seorang sutradara dapat menentukan kondisi dalam cerita, setting tempat, karakter tokoh, kostum, dan tata pentas.
  2. Pemain
    Pemain adalah seseorang yang memainkan peran seorang tokoh yang terdapat dalam naskah. Pemain merupakan unsur yang sangat penting dalam pementasan.
  3. Sutradara
    Sutradara adalah orang yang memimpin atau mengatur pembuatan atau pementasan teater.
  4. Pentas
    Pentas adalah salah satu unsur yang mampu menghadirkan nilai estetika dari sebuah pertunjukan. Selain itu, pentas menjadi unsur penunjang pertunjukkan yang di dalamnya terdapat properti, tata lampu, dan beberapa dekorasi lain yang berkaitan dengan pentas.
  5. Properti
    Properti merupakan sebuah perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan teater, seperti kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, dan lain sebagainya.
  6. Penataan
    Seluruh pekerja yang terkait dengan pementasan teater yaitu Tata rias adalah cara mendandani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih sesuai dengan karakter yang akan diperankan.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …