Sebutkan teknik pengendapan dalam proses penjernihan air dan berikan manfaatnya!

Sebutkan teknik pengendapan dalam proses penjernihan air dan berikan manfaatnya!

Jawaban

Teknik penjernihan air bisa menggunakan teknik menggunakan bahan kimia, penjernihan menggunakan teknologi tinggi, penjernihan menggunakan batu kerikil atau bahan alami.

Pembahasan

1. PROSES PENJERNIHAN MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA

Proses penjernihan air dilakukan dengan tujuan untuk mengubah warna air yang tadinya keruh menjadi jernih. Dalam proses ini biasa penjernihan biasanya dilakukan menggunakan obat penjernih air. Salah satu bahan yang bias digunakan untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan tawas. Caranya cukup mencampurkan tawas dengan sekitar 5 liter air bersih dan tuangkan ke dalam tempat penampungan air, aduk hingga merata dan diamkan hingga keesokan harinya.

Sedangkan untuk proses penjernihan menggunakan bahan kimia biasanya digunakan untuk air dalam sumur atau tangki besar. Zat yang biasa digunakan untuk penjernihan di antaranya adalah kaporit, kuprisulfat, klor, ozon, dan zat kimia lainnnya. Pada saat penggunaan baik bahan kimia, sebaiknya digunakan sesuai aturan supaya tidak menimbulkan efek samping pada tubuh.

2. PROSES PENJERNIHAN AIR TEKNOLOGI TINGGI

Teknologi bias memudahkan pekerjaan di kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi penjernihan air. Menggunakan proses penjernihan air teknologi tinggi biasanya sudah terdapat sinar UV sehingga tidak hanya menyaring air namun juga membunuh berbagai macam virus dan kuman sehingga air yang digunakan layak dikonsumsi dan digunakan. Penjernihan jenis ini biasanya tidak akan menimbulkan bau dan rasa sehingga sangat aman dikonsumsi. Sayangnya proses penjernihan model ini masih sangat jarang digunakan.

3. PENJERNIHAN MENGGUNAKAN BATU KERIKIL ATAU BAHAN ALAMI

Penjernihan alami menggunakan bahan di antaranya ijuk, batu alam, pasir halus, kerikil, arang dari batok kelapa, sabut kelapa serta wadah untuk menyusun bahan-bahan tersebut.

Caranya cukup masukan spons/kain kassa/kain lap pada bagian paling bawah lalu tumpuk ijuk hingga padat, dan masukkan arak dan sabut kelapa tekan hingga padat, tuangkan pula kerikil ke dalam hingga terisi penuh, berikan penyangga agar alat penjernihan air sederhana ini dapat berdiri dengan baik. Lalu tempatkan wadah di bagian bawah mulut botol untuk menampung air yang telah disaring.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …