Salah satu tanda bahwa seseorang menderita diabetes melitus adalah bila di dalam urinnya mengandung?

Salah satu tanda bahwa seseorang menderita diabetes melitus adalah bila di dalam urinnya mengandung?

Jawaban

Salah satu tanda bahwa seseorang menderita diabetes melitus adalah bila di dalam urinnya mengandung glukosa. Glukosa yang tinggi menyebabkan adanya penyakit yang disebut diabetes melitus

Pembahasan

Diabetes melitus (DM) atau penyakit kencing manis atau biasa juga disebut penyakit gula darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau berkurangnya efektivitas dari insulin. Hal ini ditandai dengan hiperglikemia atau kadar glukosa yang berlebih melebihi batas normal yang berlangsung secara terus- menerus.

​Insulin sendiri merupakan salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah atau kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Berdasarkan penyebabnya Diabetes Melitus digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:

1. Diabetes mellitus tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 disebabkan oleh kegagalan tubuh untuk memproduksi insulin. Diabetes tipe ini dapat terdeteksi ketika seseorang berusia muda, bahkan anak-anak dan sebagian besar penderitanya kurus.

2. Diabetes mellitus tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena kekurangan insulin, dimana tubuh tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup atau insulin yang dihasilkan tidak dapat bekerja secara memadai. Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang orang dari segala usia, namun mayoritas terjadi pada orang berusia diatas 30 tahun.

3. Diabetes mellitus gestasional

Wanita hamil yang tidak pernah menderita diabetes melitus sebelumnya tetapi ketika hamil memiliki kadar glukosa yang tinggi. Diabetes melitus gestasional terjadi karena adanya hormon kehamilan yang bekerja berlawanan dengan insulin. Diabetes melitus gestasional biasanya terjadi pada kehamilan trimester ke-2 atau ke-3 (setelah usia kehamilan 3 atau 6 bulan), dan umumnya menghilang dengan sendirinya setelah proses melahirkan.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …