Apa yang mendorong UMKM untuk menembus pasar global?

Apa yang mendorong UMKM untuk menembus pasar global?

Jawaban

Yang mendorong UMKM untuk menembus pasar global yaitu

  1. Produk yang dihasilkan UMKM perlu memperhatikan keunggulan produk, baik dari pemenuhan aspek kuantitas, kualitas, dan kontinuitas produksi, dan membaca situasi terkait produk yang diminati oleh pasar, baik domestik maupun internasional
  2. Memperkuat kelembagaan dan manajemen usaha
  3. Meningkatkan mindset dan kompetensi digital
  4. Mempelajari prosedur ekspor, bisa  dimulai dengan onboarding pada platform e-commerce maupun bekerjasama dengan aggregator.

Pembahasan

UMKM memiliki kepanjangan, yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. UMKM sangat memiliki peranan penting dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi. Pengertian UMKM diatur dalam UUD RI No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM yang disebutkan bahwa UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Berikut perbedaannya:

  1. Usaha mikro merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria usaha mikro.  Bisa dikatakan sebagai usaha mikro UMKM apabila memiliki keuntungan dari usahanya sebesar Rp 300 juta, dan memiliki aset atau kekayaan bersih minimal sebanyak Rp 50 juta yang mana di luar aset tanah dan bangunan.
  2. Usaha kecil UMKM adalah suatu usaha ekonomi produktif yang bersifat independen atau berdiri sendiri baik yang dimiliki perorangan atau kelompok dan bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama. Yang termasuk dalam usaha ini yakni usaha yang memiliki kekayaan bersih Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta.  Memiliki penjualan per tahun berkisar dari angka Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar.
  3. Usaha menengah yaitu  usaha dalam ekonomi produktif dan bukan merupakan cabang atau anak usaha dari perusahaan pusat dan menjadi bagian secara langsung maupun tak langsung terhadap usaha kecil atau usaha besar. Kriteria kekayaan bersih dari usaha menengah sudah di atas Rp 500 juta sampai dengan Rp 10 miliar yang mana tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Dengan hasil penjualan per tahunnya mencapai Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar.

Check Also

Birama dalam lagu indonesia raya adalah 4/4. jelaskan tentang birama 4/4​!

Birama dalam lagu indonesia raya adalah 4/4. jelaskan tentang birama 4/4​! Jawaban Birama terdiri dari 4 …