Media transmisi dapat digolongkan menjadi media dengan menggunakan kabel dan nirkabel, jelaskan dan berikan contohnya !

Media transmisi dapat digolongkan menjadi media dengan menggunakan kabel dan nirkabel, jelaskan dan berikan contohnya!

Jawaban

Media transmisi menggunakan kabel merupakan media dengan menggunakan kabel dan memerlukan cukup ruang dalam melakukan pemasangannya. Sedangkan, media transmisi dengan nirkabel adalah media dengan tetap menggunakan kabel namun terdapat gelombang elektromagnetik sebagai transmisi datanya.

Pembahasan

Media transmisi menggunakan kabel merupakan media dengan menggunakan kabel dan memerlukan cukup ruang dalam melakukan pemasangannya. Contohnya seperti :

  • Pasangan kabel terp[ilin merupakan kabel yang menggunakan 2 konduktor dan digabungkan untuk mengurangi gangguan medan listrik maupun medan magnet dari luar
  • Kabel koaksoal merupakan kabel yang tersusun berdasarkan 2 buah kabel konduktor dan isolator. Dimana konduktor yang pertama terbuat dari tembaga dan letaknya di dalam inti serta lapisan nya dilapisi oleh isolator
  • Serat optik merupakan sebuah kabel dengan serat yang lentur dan transparan dengan dilapisi oleh pelindung luar

Transmisi dengan nirkabel adalah media dengan tetap menggunakan kabel namun terdapat gelombang elektromagnetik sebagai transmisi datanya. Contohnya adalah radio, gelombang mikro dan juga gelombang inframerah.

 

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …