Tipe karakter protagonis yaitu

Tipe karakter protagonis yaitu

Tipe karakter protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong penyabar, jujur, setia, dan suka menolong.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Tokoh adalah orang yang berperan yang menjadi pelaku dalam sebuah cerita. Tokoh cerita yang dalam suatu karya yang dimaksud dapat ditampilkan dalam bentuk drama/teater, cerpen, maupun novel.

Tokoh dibedakan berdasarkan karakter atau wataknya menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan bersifat positif yang banyak disukai. Biasanya menjadi tokoh utama dan pusat perhatian dalam cerita. Tokoh protagonis sering digambarkan memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong penyabar, jujur, dan setia, dan suka menolong.

2. Antagonis adalah tokoh yang digambarkan berwatak buruk yang biasanya menjadi musuh dari tokoh protagonis. Tokoh antagonis disebut juga sebagai tokoh penentang cerita. Tokoh antagonis sering digambarkan dengan seseorang yang memiliki sifat pendendam, pembohong, sombong, tidak bersahabat, pembuat masalah, suka pamer, dan lain-lain.

3. Tritagonis adalah tokoh yang menjadi penengah antara tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh tritagonis digambarkan sebagai seseorang yang bersifat netral, yang terkadang bisa berpihak kepada tokoh protagonis, begitu pula sebaliknya. Namun, disaat tokoh protagonis dan antagonis terlibat dalam konflik, tokoh tritagonis akan bertindak sebagai pelerai dari keduanya.

Dengan demikian, tipe karakter protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong penyabar, jujur, setia, dan suka menolong.

Semoga dapat membantu, ya 😊

Check Also

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan …