Dalam peradaban mesopotamia terdapat beberapa bangsa yang mendiami peradaban tersebut, diantaranya?

Dalam peradaban mesopotamia terdapat beberapa bangsa yang mendiami peradaban tersebut, diantaranya?

bangsa yang mendiami mesopotamia diantaranya
1. Bangsa sumeria yang merupakan bangsa perintis peradaban mesopotamia dan merupakan penduduk asli mesopotamia, bangsa ini berkembang antara kisaran tahun 5300-2300 SM. dari hasil temuan temuan para ahli menyebut tahun 3500 SM sebagai awal dari peradaban Sumeria.

2. Bangsa Akkadia tahun 2330-2215 SM bangsa ini merupakan salah satu rumpun bangsa Semit yang memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Semit atau bahasa Akkadia. Raja Sargon Agung merupakan raja yang berhasil menaklukan bangsa Sumeria yang saat itu di pimpin raja Lugal Zage Si dari Uruk

3. Bangsa Guti dan bangsa Elam (2115-2050 SM) bangsa ini berhasil mengalahkan bangsa Akkadia, kekuasaan bangsa Guti berlangsung sekitar setengah abad. salah satu raja yang terkenal yaitu Ur Nammu yang berhasil mengalahkan kerajaan Guti dan menjadi penerus kerajaan ini, pada masa Ur Nammu ini di buat undang-undang yang di tulis pada lempengan-lempengan tanah liat yang menyebutkan raja Ur Nammu dari Ur

4. Bangsa Amori, di perkirakan berkembang tahun 1900-1500 SM. raja Hammurabbi dadi kerajaan babilon lama mulai mengembangkan kota yang megah dan maju, wilayah kekuasaanya tidak hanya meliputi Sumero,Akkadia tetapi lebih luas lagi, Hammurabi juga di kenal cakap dflam urusan birokrasi, codex hammurabi menjadi salah satu bukti peninggalanya.

5. Bangsa Asyur berkembang sekitar 1235 – 698 SM bangsa ini mengembangkan kota Niniwe yang terkenal dengan bangunan dan sistem irigasi yang maju.

6. Bangsa Khaldea, bangsa babilonia berhasil di tegakan kembali dengan nama babilonia baru, Nebukadnezar II adalah raja termasyur babilonia baru iya menaklukan Yudea dan Yerusalem , ia juga terkenal dengan ekspedisi militernya ke berbagai wilayah. pada masa ini Bailonia benar benar menjadi penguasa seluruh asia tengah dan sampai ke Afrika.

7. Bangsa Persia, Cyrus Agung membangun kekaisaran persia, selanjutnya raja Darius I membawa perubahan pada Persia seperti membangun jalan raya, istana yang megah dan peninggalan lainnya. Persia runtuh pada masa Darius III hal ini karena ada penaklukan dari Alexsander Agung.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …