Vertebrata terbagi 5 kelas. Jelaskan perbedaan kelima kelas tersebut berdasarkan jumlah ruang jantung, suhu tubuh, dan peredaran darah!

Vertebrata terbagi 5 kelas. Jelaskan perbedaan kelima kelas tersebut berdasarkan jumlah ruang jantung, suhu tubuh, dan peredaran darah!

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Pembahasan:
Vertebrata merupakan jenis hewan yang memiliki kolumna vertebalis atau ruas tulang belakang dan memiliki korda dorsalis yang hanya terdapat pada masa tingkatan embrio.

Vertebrata terbagi menjadi lima kelas dengan ciri-ciri berbeda, yaitu:

1. Kelas Pisces
Memiliki tubuh bersisik, bergerak menggunakan sirip, bernapas di air dengan insang, dan memiliki suhu tubuh poikiloterm atau berdarah dingin. Suhu tubuh poikiloterm berarti bahwa hewan tersebut mengatur suhu di dalam tubuhnya sesuai dengan suhu di lingkungannya dan cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya. Bagian jantungnya hanya terbagi menjadi dua ruang yang terdiri atas satu serambi dan satu bilik, berkembang biak secara ovipar, dan melakukan fertilisasi eksternal. Memiliki sistem peredaran darah yang bersifat tertutup tunggal, artinya dalam satu kali peredaran, darah hanya satu kali melalui jantung.

2. Kelas Amfibi
Memiliki kulit yang tipis berlendir, dapat hidup di air maupun di daratan, dan memiliki suhu tubuh poikiloterm. Bagian jantung terbagi menjadi tiga ruang yang terdiri atas dua serambi dan satu bilik, berkembang biak secara ovipar, dan melakukan fertilisasi eksternal. Memiliki sistem peredaran darah yang bersifat tertutup ganda, artinya dalam satu kali peredaran, darah dua kali melalui jantung.

3. Kelas Reptil
Dapat hidup di air dan di darat, tubuhnya ditutupi oleh sisik, dan memiliki suhu tubuh poikiloterm. Bagian jantung terbagi menjadi empat ruang yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik, tetapi sekatnya tidak sempurna. Melakukan fertilisasi internal dengan cara bertelur (ovipar) atau bertelur dan melahirkan (ovovivipar). Memiliki sistem peredaran darah yang bersifat tertutup ganda, artinya dalam satu kali peredaran, darah dua kali melalui jantung.

4. Kelas Aves
Seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali pada paruh dan kakinya, hidup di darat, memiliki sepasang sayap serta kaki untuk bergerak, dan memiliki suhu tubuh homoioterm atau berdarah panas. Hewan berdarah panas akan mempertahankan suhu tubuhnya pada kisaran tertentu meskipun suhu di lingkungannya terlalu dingin atau terlalu panas. Bagian jantung terbagi menjadi empat ruang yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik, berkembang biak secara ovipar, dan melakukan fertilisasi internal. Memiliki sistem peredaran darah yang bersifat tertutup ganda, artinya dalam satu kali peredaran, darah dua kali melalui jantung.

5. Kelas Mamalia
Umumnya memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan memiliki kelenjar susu, dapat hidup di darat maupun air, dan memiliki suhu tubuh homoioterm. Bagian jantung terbagi menjadi empat ruang yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik, berkembang biak secara vivipar, dan melakukan fertilisasi internal. Memiliki sistem peredaran darah yang bersifat tertutup ganda, artinya dalam satu kali peredaran, darah dua kali melalui jantung.

Dengan demikian, perbedaan kelima kelas Vertebrata berdasarkan jumlah ruang jantung, suhu tubuh, dan peredaran darah telah dijelaskan pada pembahasan diatas.

 

Check Also

Bagaimana rasul-rasul Allah SWT mengajak manusia untuk beriman kepada Allah SWT?

Bagaimana rasul-rasul Allah SWT mengajak manusia untuk beriman kepada Allah SWT?

Bagaimana rasul-rasul Allah SWT mengajak manusia untuk beriman kepada Allah SWT? Jawaban Berdakwah dengan menggunakan …