Karakteristik perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad xx adalah

Karakteristik perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad xx adalah

Jawaban

Karakteristik perjuangan bangsa indonesia sebelum abad xx adalah:

1. Dipimpin raja / tokoh agama. Perjuangan sebelum abad xx banyak dipimpin oleh kerajaan atau pemuka agama di sebuah wilayah. Tokoh-tokoh yang menjadi pemimpin contohnya adalah Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, dan Pangeran Antasari.

2. Bersifat kedaerahan. Perjuangan sebelum abad xx terhadap bangsa Barat kebanyakan dilakukan atas dasar kepentingan daerah. Belum ada persatuan atas dasar satu bangsa.

3. Perlawanan secara fisik. Perjuangan sebelum abad xx dilakukan dengan perlawanan secara fisik terhadap bangsa Barat melalui bertempur. Pertempuran terjadi karena masyarakat merasa penjajah Barat mengusik mereka.

4. Fokus pada pemimpin yang kharismatik. Perjuangan sebelum abad xx yang dilakukan terhadap penjajah Barat terfokus kepada tokoh yang memiliki kharisma oleh pandangan rakyatnya. Jika tokoh tersebut tiada, maka perlawanan rakyat kepada penjajah akan melemah.

5. Bersifat reaktif dan spontan. Perjuangan sebelum abad xx bersifat reaktif dan spontan karena kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang tiba-tiba mengganggu kondisi suatu daerah.

Pembahasan

Penjajahan suatu bangsa adalah dimana hak-hak bangsa tersebut sebagai manusia di renggut oleh pihak lain, negara milik bangsa tersebut di atur dah di kuasai oleh pihak lain, serta serba di batasi dan serba tidak boleh. Jika kita melawan kita akan sengsara. Indonesia pernah dijajah oleh belanda selama 350 tahun dan dijajah oleh jepang selama 3,5 tahun. Setelah jepang kalah dalam perang dunia ke-2, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …