Apa perbedaan saldo efektif dengan saldo akhir? Apakah saldo akhir itu dapat di cairkan?

Apa perbedaan saldo efektif dengan saldo akhir? Apakah saldo akhir itu dapat dicairkan?

Jawaban

Saldo efektif merupakan saldo akhir hari setelah dikurangi saldo minimum dan saldo blokir nasabah sedangkan saldo akhir adalah saldo akhir adalah angka nominal yang dimiliki entitas atau perusahaan di akhir periode akuntansiSaldo akhir tidak bisa dicairkan dikarenakan tujuan dari saldo akhir yaitu untuk pengaman jika suatu saat nasabah tidak menggunakan rekeningnya lagi dan dilakukan penutupan rekening.

Pembahasan

Dalam dunia perbankan, cukup sering kita dengar istilah saldo, yang mana merujuk pada uang yang ada di dalam rekening. Dalam kredit, saldo merujuk pada jumlah utang. Saldo dapat diartikan sebagai jumlah keseluruhan fasilitas yang dimiliki pemegang kartu kredit bank, biasanya lebih kecil jumlahnya daripada jumlah fasilitas kartu seluruhnya sehubungan dengan adanya pembayaran-pembayaran oleh pemegang kartu.

Sedangkan dalam Kamus Bank Indonesia mendefinisikan saldo rekening sebagai nominal yang ada pada akun setelah pembebanan biaya jasa penarikan, pendebitan dan pengkreditan setoran, hasil kliring penarik cek yang bisa dipakai untuk rekonsiliasi dengan membandingkan laporan bank dengan buku/register cek. Terdapat tiga jenis saldo dalam saldo bank yaitu saldo kredit dan debit atau efektif, saldo mengendap atau akhir, dan saldo rata – rata harian.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …