Bagian tubuh coelenterata yang dapat berfungsi sebagai alat pertahanan diri

Bagian tubuh coelenterata yang dapat berfungsi sebagai alat pertahanan diri

Jawaban

Bagian tubuh coelenterata yang dapat berperan sebagai alat pertahanan diri adalah cnidocytes. Di antara tentakel terdapat sel unik yang disebut cnidocytes sebagai alat pertahanan diri dan menangkap mangsa. Mereka umumnya hidup di air laut, dan sangat sedikit spesies yang hidup di air tawar.

Pembahasan

Coelenterata adalah hewan yang menggunakan rongga tubuh (lambung) sebagai tempat mencerna makanan. Coelenterata sering disebut sebagai coelenterata. Disebutkan juga bahwa coelenterata adalah hewan yang tidak memiliki rongga tubuh sejati (acoelomata) yang hanya memiliki rongga pusat yang disebut coelenterate. Istilah coelenterata berasal dari kata Yunani coelos, yang berarti gua, dan enteron, yang berarti usus. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa coelenterata memiliki usus berongga, tetapi cukup untuk menyebutnya hewan berongga. Filum Coelenterata sendiri  tidak memiliki tulang belakang atau termasuk dalam kelompok hewan yang biasa disebut dengan invertebrata. Coelenterata juga tidak memiliki alat pernapasan, sirkulasi darah, struktur saraf, dan terutama ekskresi. Karena kondisi ini, coelenterata masih tergolong primordial. Coelenterata, juga disebut cnidaria, berasal dari kata “Cnido” yang berarti paku. Hal ini sesuai dengan karakteristik adanya knidosit antara mulut dan tentakel.

Check Also

Mengapa perdagangan bebas dunia menguntungkan negara-negara maju?

Mengapa perdagangan bebas dunia menguntungkan negara-negara maju?

Mengapa perdagangan bebas dunia menguntungkan negara-negara maju? Jawaban Alasan perdagangan bebas dunia lebih menguntungkan negara – negara …