Terangkan sifat permintaan dan hasil penjualan yang dihadapi suatu perusahaan dalam persaingan sempurna! Terangkan jawaban anda dengan menggunakan grafik

Terangkan sifat permintaan dan hasil penjualan yang dihadapi suatu perusahaan dalam persaingan sempurna! Terangkan jawaban anda dengan menggunakan grafik

Jawaban

Sifat permintaan dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh harga yang ditetapkan oleh si produsen (penawaran). Jadi jika permintaan naik maka penawaran akan turun begitu pula sebaliknya sehingga akan terjadi equilibrium.

Pembahasan :

  Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki banyak pembeli dan penjual. Dalam hal wesel, harga  ditentukan oleh pasar itu sendiri, jadi keduanya tidak dapat mempengaruhi harga. Harga sebenarnya didasarkan pada penawaran dari produsen dan permintaan dari konsumen.

Di sisi lain, dalam pasar persaingan sempurna, para pihak  sudah mengetahui situasi dan memiliki informasi terkait pasar tanpa perlu campur tangan pemerintah. Jenis pasar ini disebut juga sebagai jenis pasar yang paling ideal karena dianggap cocok untuk menjamin tercapainya efisiensi pasar.

Selain  jumlah penjual dan pembeli yang banyak, produk yang dijual di pasar jenis ini bersifat homogen. Pasar persaingan sempurna muncul ketika ada banyak tetapi sedikit perusahaan dalam industri tersebut. Mencegah satu perusahaan dari mempengaruhi harga pasar. Situasinya berbeda di pasar persaingan tidak sempurna, pasar dengan sedikit penjual tetapi banyak pembeli. Harga di pasar  ditentukan oleh penjual produk. Ada beberapa penjual, tetapi jenis produk yang ditawarkan bervariasi.

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

  1. Meskipun jumlah pembeli dan penjual banyak, penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jenis pasar ini. Penjual yang menawarkan barang di bawah harga pasar  mengalami kerugian. Sementara itu, jika pasar berada di atas harga pasar,  akan sulit mencari pembeli.
  2. Barang atau jasa yang diperdagangkan bersifat homogen. Semua produk yang dijual di pasar ini  terlihat sama. Pembeli biasanya tidak dapat membedakan  apakah suatu produk diproduksi dan dijual oleh Perusahaan A, Perusahaan B, atau Perusahaan C. Oleh karena itu, promosi  tidak terlalu efektif dan perlu dilakukan ekstra. Yang terpenting adalah memperhatikan kualitas produk.
  3. Faktor-faktor produksi yang dapat dipindah-pindahkan secara bebas. Fungsi-fungsi berikut ini berkaitan dengan faktor-faktor produksi yang dapat dipindah-pindahkan secara bebas, seperti bahan baku dan tenaga kerja. Ini lebih menguntungkan karena Anda dapat bergerak bebas  dari satu tempat ke tempat lain. Tidak ada yang bisa dicegah, baik  dari sisi regulasi maupun teknis.
  4. Kebebasan memilih. Selain itu, harga barang dan jasa sebenarnya ditentukan berdasarkan interaksi penawaran dan permintaan  di pasar. Oleh karena itu, tidak ada kekuatan eksternal lain yang dapat mempengaruhi  keputusan salah satu pihak, termasuk pemerintah.
  5. Pembeli dan penjual mengetahui kondisi pasar. Pembeli dan penjual  jenis pasar ini perlu mengetahui kondisi pasar dengan baik. Untuk itu, penting untuk mengumpulkan informasi pasar yang lengkap agar persaingan benar-benar sempurna.
  6. Produsen bebas masuk dan keluar pasar. Fitur terakhir adalah produsen atau penjual bebas masuk dan keluar  pasar. Perusahaan yang dapat memproduksi barang  bebas memasuki pasar industri yang bersangkutan dan tidak ada yang dapat membatasinya. Perusahaan juga bebas untuk menarik diri dari pasar jika diperlukan.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …