Apakah top manajer ikut bertanggung jawab atas semua resiko yang terjadi di perusahaan

Apakah top manajer ikut bertanggung jawab atas semua resiko yang terjadi di perusahaan

Jawaban

Top manajer ikut bertanggung jawab atas semua resiko yang ada diperusahaan. Sebab top manajer menjadi pemimpin, megendalikan bahkan mengatur serta mengembangkan dan mengevaluasi setiap aktivitas organisasi.

Pembahasan

Manajer puncak (top manajer) adalah orang pertama dalam posisi tertinggi dalam manajemen, di atas manajemen menengah dan supervisor. Top Manager memiliki tanggung jawab penuh dan langsung kepada pemilik perusahaan atau saham. Manajer puncak juga sering disebut sebagai pejabat eksekutif dengan tingkat kontrol dan otoritas tertinggi. Manajemen puncak ini biasanya berkedudukan di setiap cabang dan kantor cabang. Jika perusahaan  menerapkan sistem manajemen berupa desentralisasi.

Pada prinsipnya seseorang dalam jabatan ini akan diangkat dan sekaligus akan menjabat sebagai pemilik atau pemegang saham perseroan. Keberhasilan atau kegagalan tim tergantung pada peran dan keterampilan mereka. Oleh karena itu, manajer ini sendiri harus ada sebagai pemimpin langsung atau pemimpin  tim. Seseorang dalam posisi ini harus mampu menangani masalah tim yang dipimpinnya dengan baik dan adil, serta  bertanggung jawab secara strategis dan mengarahkan kemampuan karyawan untuk memberikan dampak positif pada tim.

Untuk alasan ini, seorang top manajer berhak untuk mengangkat atau memberhentikan manajer di bawah arahan mereka. Secara umum, ini adalah beberapa tugas yang dia lakukan :

  1. Fokus pada penciptaan tim yang solid dan efektif sehingga Anda dapat bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan yang Anda rencanakan.
  2. Mempertimbangkan strategi keseluruhan perusahaan dan merencanakan kegiatan untuk memandu jalannya dengan  tepat.
  3. Tentukan tujuan strategis dan kebijakan utama perusahaan Anda.
  4. Mengarahkan, mengelola dan memantau kinerja manajer  di bawah kepemimpinan.
  5. Optimasi untuk semua aset dan perusahaan yang dimiliki.
  6. Membangun sistem kerja organisasi atau operasional yang efektif.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …