Bagaimana profil arus kas yang ideal bagi perusahaan yang dalam tahap pertumbuhan

Bagaimana profil arus kas yang ideal bagi perusahaan yang dalam tahap pertumbuhan

Jawaban

Profil arus kas yang ideal bagi perusahaan yang dalam tahap pertumbuhan meliputi arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan. Arus kas investasi dan arus kas pendanaan dilaporkan positif.

Pembahasan

Laporan arus kas menampilkan informasi yang berguna tentang kemampuan perusahaan dalam meningkatkan kas dari aktivitas operasi, mempertahankan serta memperluas kapasitas operasi, memenuhi kewajiban keuangannya dan membayar dividen. Sebuah perusahaan terdiri dari empat tahapan yaitu start up, growth, maturity dan decline. Dalam tahap growth/pertumbuhan, laporan arus kas meliputi arus kas operasi, arus kas investasi positif, dan arus kas aktivitas pendanaan.

Arus kas dari aktivitas operasi adalah arus kas dari transaksi yang mempengaruhi laba bersih. Arus kas dari aktivitas investasi adalah arus kas dari penjualan investasi, aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud. Pada tahap growth arus kas operasi bernilai positif meskipun nilainya relatif kecil karena pada tahap growth perusahaan sudah berhasil memperoleh pangsa pasar dan adanya peningkatan penjualan. Pada tahap growth, arus kas perusahaan fokus pada kebutuhan kas dari aktivitas pendanaan dalam jumlah besar untuk mempertahankan pangsa pasar dan penguasaan teknologi. Arus kas pendanaan dilaporkan bernilai positif yang mencerminkan perusahaan memiliki kesempatan untuk tumbuh di masa depan dalam jumlah besar sehingga diharapkan cumulative abnormal return juga tinggi.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …