Bagaimana cara menghitung total laba dalam laba persekutuan

Bagaimana cara menghitung total laba dalam laba persekutuan

Jawaban

Cara menghitung total laba dalam laba persekutuan ada lima metode, yaitu dibagi sama rata, dibagi berdasarkan rasio tertentu, dibagi berdasarkan rasio modal, dibagi berdasarkan bunga modal, dan pembagian laba berdasarkan perhitungan bunga modal, gaji, dan bonus. Pembagian laba tersebut harus dicantumkan dalam akte pendirian persekutuan atau sesuai kesepakatan.

Pembahasan

Sejak awal berdirinya persekutuan, operasinya akan menghasilkan laba rugi dalam satu periode akuntansi. Pembagian laba rugi harus tercantum pada akte pendirian persekutuan. Jika tidak, maka laba rugi akan dibagi rata. Berikut adalah cara pembagian laba pada persekutuan.

  1. Laba dibagi sama rata antar sekutu.
  2. Laba dibagi berdasarkan dengan rasio tertentu. Misalnya pembagian laba kepada Sekutu A:B:C memiliki rasio 3:4:3 dengan laba Rp 9000.000 maka laba yang diterima sekutu A:B:C adalah Rp 2.700.000 : Rp 3.600.000 : Rp 2.700.000.
  3. Pembagian laba berdasarkan pada rasio modal. Ada beberapa jenis modal diantaranya modal mula-mula, modal awal periode, modal akhir periode, kelebihan modal, dan modal rata-rata.
  4. Pembagian laba dengan memberikan bunga modal. Dalam metode ini, laba dikurangi gaji/bonus terlebih dahulu baru sisanya dibagi dengan metode pembagian rata, berdasarkan raiso tertentu atau berdasarkan rasio modal.
  5. Pembagian laba dengan memperhitungkan bunga modal, gaji, atau bonus. Pertama laba dikurangi bunga modal, gaji, dan bonus kemudian sisanya dibagi menurut perjanjian.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …