Apa yang dimaksud dispen dan apa artinya?

Apa yang dimaksud dispen dan apa artinya?

Jawaban

Dispen adalah kata umum yang dipendekkan dari kata dispensasi. Pengertian dispensasi adalah pembebasan atau pemberian waktu secara resmi sesuai dengan peraturan yang diperuntukkan kepada anggota atau pegawai atau siswa karena ada kepentingan tertentu yang masih bersesuaian dengan etika selingkup (aturan institusi).

Pembahasan

Menurut Bahasa Indonesia, sinonim kata dispensasi adalah kelonggaran, kebebasan, kelapangan, keleluasaan, kesempatan. Sinonim adalah kata-kata yang memiliki persamaan makna dengan kata lain.

Dispensasi dalam pengertian lain adalah pemberian kebebasan atau kelonggaran dari pemberlakuan hukum untuk sebuah kasus khusus, dan kemudian diberikan dispensasi ini yang hanya dapat digunakan oleh seorang untuk memiliki wewenang yang sah.

Contoh penggunaan kata Dispensasi adalah pemberian hak kepada seseorang untuk menikah meski belum mencapai batas minimum usia pernikahan. Artinya, seseorang boleh menikah diluar ketentuan itu jika dan hanya kalau keadaan “menghendaki” dan tidak ada pilihan lain (ultimum remedium).

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …