Breaking News

Apa saja nilai-nilai yang terkandung didalam kitab Ramayana dan Mahabharata?

Apa saja nilai-nilai yang terkandung didalam kitab Ramayana dan Mahabharata?

Jawaban

Nilai-nilai etika  dalam cerita Ramayana:

  1. Loyalitas.
  2. Hormati orang tua.
  3. Untuk menjaga kebenaran.
  4. Berani.
  5. Rasa rendah diri.

Nilai – nilai dalam cerota Mahabharata:

  • Nilai Dharma (Kebenaran Tertinggi) Inti dari cerita Mahabharata adalah konflik (perang) antara sepupunya (Pandava vs Seratus Kurawa), keturunan Bharata.
  • Nilai kesetiaan (Satya)
  • Nilai pendidikan.
  • Nilai Yajna (koban suci dan kejujuran)

Pembahasan

Ramayana menceritakan kisah heroik Sanrama, raja India yang terkenal, yang memerintah Kosla di  utara Sungai Gangga dan yang ibu kotanya adalah Ayodhya. Dari sudut pandang Hindu, Rama adalah awatara Dewa Wisnu yang datang ke Bumi pada zaman Tretayuga.  Ramayana adalah kisah Rama dan Sita, atau Sita, titisan Laksmi, istri Sir Wisnu. Dia juga berbicara tentang perjalanannya untuk mengalahkan pahlawan Rama dan Rahwana raksasa. Ramayana ditemukan dalam sastra Jawa berupa Kakawin Ramayana yang ditulis dalam bahasa Jawa kuno. Penyair yang menciptakannya diyakini pernah hidup di Mataram Kuno pada masa pemerintahan Diabaritun, atau sekitar tahun 870 Masehi. Namun, Kakawin Ramayana versi Jawa tidak sepenuhnya terkait dengan kisah kepahlawanan Ramayana India.

Mahabharata adalah salah satu karya besar India, dianggap suci dan  istimewa bagi umat Hindu. Ini berbicara tentang perang antara Pandawa dan Kurawa dalam pertempuran untuk tahta Hastinapra. Mahabharata ditulis sekitar 400 SM. Diedit oleh Vyasa Krishna Dwipayana dari India. Awalnya ditulis dalam bahasa Sansekerta, kemudian disalin ke berbagai bahasa. Di Indonesia, salinan Aksara Jawa Kuno gaya Kakawin untuk berbagai bagian  Mahabharata telah ditulis oleh penyair terkenal sejak akhir abad ke-10.  Mahabharata juga dianggap sebagai salah satu epos terpanjang di dunia, dengan lebih dari 100.000 bait dan sekitar 1,8 juta kata. Panjangnya diperkirakan empat kali lipat dari Ramayana.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …