Sebutkan keuntungan dan kerugian dari sediaan larutan

Sebutkan keuntungan dan kerugian dari sediaan larutan

Jawaban

Kelebihan bentuk larutan (Solutio) dibandingkan jenis formulasi lainnya adalah:

  1. Lebih mudah ditelan daripada formulasi lain dan lebih mudah digunakan untuk bayi, anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.
  2. Karena berbentuk sediaan cair maka langsung diserap (tidak ada proses penguraian atau pelarutan seperti tablet/tablet).
  3. Iritasi perut dengan iritan (aspirin, KCl) dengan mengencerkan larutan langsung di perut.
  4. Penambahan pemanis dan perasa akan memudahkan untuk menyembunyikan rasa dan bau obat yang tidak enak.

Kekurangan bentuk larutan (Solutio) dibandingkan dengan jenis formulasi lainnya adalah:

  1. Karena besar, tidak nyaman untuk dibawa, diangkut, dan disimpan, dan berat.
  2. Stabilitas dalam bentuk cair kalah dengan tablet, kapsul dan pil, terutama jika obat/bahannya mudah terhidrolisis.
  3. Larutan/air merupakan media yang ideal  untuk pertumbuhan mikroba, sehingga perlu ditambahkan lebih banyak bahan pengawet dibandingkan tablet, pil, krim, dan lain sebagainya.
  4. Ketepatan dosis tergantung pada kemampuan pasien dalam mengukur obat.
  5. Rasa obat yang tidak enak menjadi lebih tidak enak jika dalam bentuk larutan, terutama jika tidak didukung oleh pemanis atau perasa.

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sediaan adalah hasil penyediaan (1) apa yang sudah ada dan (3) senyawa yang dibuat melalui proses kimia. Di apotek terdapat berbagai jenis sediaan obat seperti sediaan padat, sediaan semi padat, dan sediaan larutan. Larutan adalah campuran seragam dari dua atau lebih  zat yang dapat terus menerus mengubah zat terdispersi  sampai batas kelarutannya. Jadi, sediaan larutan adalah sediaan berbentuk cair yang terdiri dari kombinasi satu atau lebih bahan kimia yang terdispersi  dalam pelarut. Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyatakan dalam buku Pharmacopoeia Indonesia (1995)  bahwa molekul zat terlarut yang terdispersi secara merata dalam sediaan larutan memastikan dosis yang seragam dan sangat akurat ketika larutan diencerkan atau dicampur.

Jenis-jenis sediaan larutan adalah sebagai berikut.

  1. Larutan oral. Sediaan cair oral adalah sediaan cair yang diminum secara oral (oral). Larutan oral dibagi menjadi dua bagian, sirup dan eliksir, berdasarkan kandungannya. Sirup adalah larutan oral yang mengandung sukrosa atau gula lainnya, senyawa poliol (sorbitol dan gliserin), dan  zat antibakteri. Elixir adalah larutan oral yang menggunakan etanol sebagai pelarut.
  2. Larutan topikal. Larutan topikal  biasanya mengandung air, tetapi seringkali mengandung pelarut lain seperti etanol dan poliol untuk digunakan pada kulit. Larutan topikal yang digunakan pada permukaan mukosa mulut disebut  larutan  oral topikal lidokain.
  3. Spirit. Spirit adalah larutan yang mengandung etanol atau hidroalkohol yang mudah menguap. Solusi semangat sering digunakan sebagai rasa berair.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …