Jelaskan karakteristik pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar sebagai pendidikan nilai dan moral

Jelaskan karakteristik pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar sebagai pendidikan nilai dan moral

Jawaban

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan wajib di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Pendidikan Kewarganegaraan memiliki karakteristik yaitu mengajarkan nilai – nilai dan moral kepada siswa sesuai dengan Pancasila.

Pembahasan

Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang esensial untuk pembentukan kepribadian. Semua warga negara Indonesia, mulai dari PAUD hingga sarjana, perlu belajar kewarganegaraan untuk menjadi warga negara yang baik. Kewarganegaraan, yang dikenal sebagai Kewarganegaraan, berarti keanggotaan dan mewakili hubungan atau ikatan antara negara dan warga negara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, warga negara adalah penduduk  negara berdasarkan nenek moyang dan tempat lahirnya. Sebagai warga negara ini, Anda memiliki semua hak dan kewajiban.

Kewarganegaraan adalah hubungan antara individu dan negara. Kewarganegaraan mewakili kebebasan, dan  warga negara memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab tertentu. Secara umum, warga negara memiliki hak politik penuh. Hak untuk memilih dan mendapatkan jabatan publik. Kewarganegaraan adalah bentuk khusus dari kewarganegaraan. Istilah  luas ini mengacu pada individu dan negara yang berbeda yang tidak selalu memberikan hak politik. Untuk alasan ini, kewarganegaraan  penting bagi semua individu.

Menurut Mariant of Citizenship Education, pemegang kewarganegaraan secara otomatis mempertahankan identitas dan status mereka di dalam negara. Mereka juga menerima hak dan kewajiban yang saling berlaku  dengan negara.  Dengan kata lain, individu memiliki hak dan kewajiban terhadap negara. Di sisi lain, bangsa memiliki hak dan kewajiban kepada orang ini.

Mengutip buku “Pendidikan Kewarganegaraan: Doktor Pendidikan”. Baso Madiong, SH. , MH. , Dst. (2018) Warga negara adalah anggota suatu negara yang memiliki keterikatan timbal balik dengan negaranya. Warga negara harus mematuhi aturan nasional. Di sisi lain, Pasal 1 ayat (2) Pasal 12 Undang-Undang Kewarganegaraan Republik Indonesia tahun 2006 mendefinisikan kewarganegaraan sebagai segala sesuatu yang mempengaruhi warga negara.

Dengan kata lain, kewarganegaraan mengacu pada keanggotaan yang mewakili ikatan antara negara dan warganya. Kewarganegaraan mengacu pada seperangkat karakteristik warga negara, termasuk:

  1. Sebuah rasa identitas
  2. Kepemilikan hak tertentu
  3. Pemenuhan kewajiban terkait
  4. Penerimaan  nilai-nilai sosial dasar
  5. Tingkat minat dan keterlibatan dalam urusan publik

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …