Contoh implementasi nilai pancasila di lingkungan kerja

Contoh implementasi nilai pancasila di lingkungan kerja

Jawaban

Pancasila merupakan lambang negara Indonesia dengan burung garuda yang memiliki gambar kelima sila pancasila. Implementasi Pancasila dalam lingkungan kerja yaitu bekerja secara profesionalisme dan integritas.

Pembahasan

Kata Sansekerta Pancasila, atau Pancasila, memiliki arti 5, dan kata perintah memiliki arti dasar. Jika digabungkan, Pancasila memiliki makna lima prinsip negara Indonesia.

Pancasila yang dilambangkan dengan lambang burung Garuda memiliki arti sumber kekuasaan. Selain itu, warna emas burung Garuda memiliki makna  sebagai lambang kejayaan. Menurut buku Pancasila, sebagai ideologi dan dasar negara, sebagai pedoman bagi bangsa Indonesia sendiri, Pancasila memiliki sembilan fungsi yang tersedia bagi bangsa Indonesia. Berikut sembilan fungsi pancasila.

  1. Pancasila yang digunakan sebagai ideologi negara
  2. Pancasila yang digunakan sebagai dasar negara
  3. Pancasila yang digunakan sebagai jiwa bangsa Indonesia
  4. Pancasila yang digunakan sebagai kepribadian bangsa Indonesia
  5. Pancasila yang digunakan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
  6. Pancasila yang digunakan sebagai sumber segala hukum yang berlaku maupun sumber tata tertib hukum di Republik Indonesia
  7. Pancasila yang digunakan sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia
  8. Pancasila yang digunakan sebagai cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia
  9. Pancasila yang digunakan sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa

Sebagai fungsinya sebagai pandangan hidup, pancasila dibagi menjadi lima sila yang harus diterapkan oleh setiap masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kelima sila tersebut beserta maknanya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lambang Pancasila adalah seekor burung Garuda yang menjadi gambaran sebuah kekuatan dengan warna emas yang menunjukkan simbol kemuliaan.

Selain itu, pada burung Garuda yang ada pada lambang Pancasila, terdiri dari tujuh belas jumlah buku, delapan bulu di ekor, sembilan belas bulu di pangkal ekor, serta empat puluh lima bulu pada leher untuk menggambarkan waktu kemerdekaan negara Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …