Jelaskan dengan menggunakan grafik empat kuadran untuk melukis kurva is​

Jelaskan dengan menggunakan grafik empat kuadran untuk melukis kurva is​

Jawaban

Kuadran a adalah kuadran yang menggambarkan keseimbangan antara S dengan investasi (I) dan antara T dengan G. Dalam sistem perekonomian, semua simpanan dapat diinvestasikan sehingga S = I adalah pemasukan dalam ekuilibrium. Penerimaan pajak (T) dapat dikeluarkan oleh pemerintah (G) sehingga I + G = S + T.

 

Kuadran b adalah kuadran investasi (I) dan pengeluaran pemerintah. Dengan kata lain, investasi dipengaruhi oleh tingkat suku bunga (I = e f.i), sedangkan pengeluaran adalah variabel otonomus (G = Go).

 

Kuadran c adalah kuadran yang menunjukkan diagram mengenai tabungan tambah pajak (sebagai padanan dari kuadran b). Bentuk persamaan penabungan adalah S = -a + bY – bT.

 

Kuadran d adalah kuardran yang menunjukkan tingkat bunga i1 yang terdapat di titik A, tingkat bunga i2 terdapat pada titik B. Setelah itu, melalui titik A dan titik B dapat dihubungkan kurva IS seperti yang tertera pada gambar kuadran d.

Kurva IS (Investasi Saving) dengan menggunakan empat kuadran memiliki kelebihan pada kuadran c yang menjelaskan tentang perubahan variabel penabungan dan perpajakan dapat dianalisis pengaruhnya terhadap kurva IS.

NB: Grafik empat kuadran dalam melukiskan kurva IS terlampir dibagian bawah.

Pembahasan

Kurva IS (Investasi Saving) adalah kurva yang menghubungkan tingkatan pendapatan nasional dengan berbagai tingkat bunga yang memenuhi syarat keseimbangan di pasar barang.

Sistem perekonomian suatu negara dapat dalam kondisi keseimbangan pasar barang dan jasa apabila jumlah pendapatan sama dengan jumlah konsumsi ditambah investasi dapat dirumuskan Y = C + I.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …