Langkah langkah dalam membangun pribadi yang bertauhid beserta penjelasan

Langkah langkah dalam membangun pribadi yang bertauhid beserta penjelasan

Jawaban

Tauhid merupakan suatu ilmu yang membahas berkaitan dengan keesaan Allah SWT. Dalam membangun pribadi yang bertauhid, terdapat beberapa langkah-langkah diantaranya yaitu penting sekali untuk meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan.

Pembahasan

Tauhid merupakan pokok utama ajaran para Rasul yang telah diutus oleh Allah SWT. Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-‘Anbiya ayat 25, yang artinya: “Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: ‘Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku’.”

Adapun langkah-langkah untuk membangun pribadi yang bertauhid adalah sebagai berikut:

  1. Memahami makna tauhid yang sebenarnya, yaitu meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan bahwa Allah itu Maha Esa.
  2. Setelah sampai kepada mengucapkan dengan lisan, pentingnya untuk dibuktikan dalam perbuatan yaitu melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan pedoman hidup yang telah diturunkan yaitu Al-qur’an dan Hadist Rasulullah.
  3. Menjalankan ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, yaitu seperti shalat, puasa, membayar zakat, menunaikan ibadah haji, ibadah sunnah serta ibadah lainnya dalam ajaran Islam.
  4. Senantiasa untuk selalu menjalin ukhuwah Islamiyah agar dapat saling mengingatkan dan menguatkan dalam beribadah kepada Allah.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …