Jelaskan empat unsur utama dalam bauran pemasaran dan berikan contoh masing-masing dua dari empat unsur utama dalam bauran pemasaran!

Jelaskan empat unsur utama dalam bauran pemasaran dan berikan contoh masing-masing dua dari empat unsur utama dalam bauran pemasaran!

Jawaban

Bauran pemasaran memiliki 4 unsur utama, yakni sebagai berikut:

  1. Produk merupakan barang/jasa yang ditawarkan kepada suatu pasar supaya diperhatikan, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan. Contohnya adalah mie instant, rokok, minuman, dan lain sebagainya.
  2. Harga merupakan sejumlah uang yang harus konsumen bayar untuk dapat membeli suatu produk, atau nilai dari suatu produk. Contohnya adalah harga sebuah tas adalah Rp.200.000 dengan harga discount 20%. lampu dengan harga Rp. 89.000 discount 20%.
  3. Tempat merupakan wilayah untuk dapat menyalurkan produk yang telah diproduksi atau tempat untuk membuat suatu produk yang dapat memenuhi kebutuhan. Adapun tempat ini harus terjangkau oleh pasar sasaran. Contohnya adalah Chamart terletak di Jl. Bridjen Katamso no 23F, Indomaret terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara no. 56B.
  4. Promosi merupakan sebuah kegiatan untuk dapat memperkenalkan produk kepada pasar sasaran. Contohnya adalah promosi dengan melalui radio, surat kabar, mulut ke mulut, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Bauran pemasaran merupakan salah satu kemampuan dalam pemasaran. Pemasaran yang baik dan tepat akan memberikan manfaat bagi produsen untuk dapat meningkatkan keuntungannya. Terdapat 7 konsep bauran pemasaran yang harus kita ketahui antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Product (barang/jasa).
  • Price (harga).
  • Place (tempat).
  • Promotion (promosi).
  • Participants (orang).
  • Process (proses).
  • Physical Evident (tampilan fisik).

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …