Contoh peramalan subjektif dan objektif​

Contoh peramalan subjektif dan objektif​

Jawaban

Contoh dari peramalan subjektif adalah peramalan yang berdasarkan pandangan serta perkiraan dari susunan yang akan menentukan baik tidaknya ramalan tersebut. Sedangkan contoh peramalan objektif berdasarkan dari analisa data yang diperoleh untuk menghasilkan peramalan.

Pembahasan

Peramalan objektif merupakan peramalan yang menggunakan data, seperti metode kualitatif yang berdasarkan peramalan atas dasar data yang ada pada masa lalu yang bersifat kualitatif. Contohnya adalah pengaruh dari sistem pasar yang dilakukan Indonesia pada tahun 2015 terhadap tahun 2021. Selanjutnya adalah peramalan dengan menggunakan metode kuantitatif yang merupakan peramalan atas dasar pengetahuan serta pengalaman yang berdasarkan dari data kuantitatif pada masa lalu. Dimana data kuantitatif merupakan data yang sifatnya perhitungan atau keuangan. Contohnya adalah peramalan keuangan pada Bank Rakyat Indonesia terhadap inovasi kerja pada masa yang akan datang. Dimana metode peramalan objektif ini dibedakan berdasarkan dua jenis :

  • Metode deret angka atau time series yang berdasarkan dari nilai masa lalu dari suatu variabel atau kesalahan.
  • Metode regresi kasual.

Peramalan subjektif merupakan peramalan yang berdasarkan keputusan yang berdasarkan diskusi yang merupakan pendapat pribadi serta intuisi yang memberikan hasil yang baik dari orang yang menyusunnya. Peramalan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu peramalan jangka panjang dan peramalan jangka pendek.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …