Sebutkan 10 contoh organisasi di sekolah

Sebutkan 10 contoh organisasi di sekolah

Jawaban

10 Contoh yang termasuk ke dalam organisasi di sekolah, yaitu sebagai berikut:

  1. Organisasi kelas merupakan organisasi yang dibentuk pada setiap kelas biasanya dibentuk untuk memudahkan siswa untuk melaksanakan tugas di kelas masing-masing, strukturnya biasanya berupa ketua kelas, sekretaris, dan bendahara.
  2. Pramuka merupakan organisasi yang digunakan untuk melaksanakan pendidikan yang berbentuk kepanduan dan ini hanya ada di Indonesia.
  3. Unit Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan organisasi yang paling penting karena berkaitan dengan kesehatan siswanya ketika terdapat siswa yang tiba-tiba sakit, atau terjatuh ketika bermain.
  4. Koperasi Sekolah merupakan koperasi yang memiliki anggota berupa warga di sekolah misalnya siswa, guru, dan staf di sekolah. Koperasi berdiri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para warga di sekolahnya.
  5. OSIS merupakan organisasi yang memiliki cabang minat dan bakat beragam tentu peran OSIS ini memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan agenda di sekolah.
  6. Palang Merah Remaja (PMR) merupakan organisasi kemanusiaan yang di mana hal ini kegiatannya memberikan pertolongan pertama.
  7. Grup Drum Band, merupakan organisasi yang menyalurkan bakat kepada siswanya dalam hal memainkan alat musik drum biasanya digunakan untuk kegiatan di sekolah.
  8. Kegiatan Paduan Suara merupakan kegiatan yang menyalurkan siswanya yang memiliki bakat bernyanyi dan memiliki suara yang baik dan biasanya akan digunakan upacara atau kegiatan lainnya.
  9. Lembaga Dakwah di sekolah tentu organisasi ini yang bergerak di kerohanian mengajak para siswanya untuk melakukan kegiatan keagamaan.
  10. KIR atau yang memiliki kepanjangan Karya Ilmiah Remaja tentu organisasi ini bergerak di bidang ke penulisan di mana siswa yang memiliki bakat dalam penelitian juga ingin mendalami pengetahuan.

Pembahasan

  1. Organisasi kelas, merupakan organisasi yang dibentuk di dalam kelas dan biasanya untuk membantu dalam mengelola tugas di kelas, struktur organisasi kelas ini biasanya berupa wali kelas, ketua kelas, sekretaris, dan bendahara.
  2. Pramuka merupakan kegiatan yang hampir sama dengan kepemimpinan di mana setiap siswa akan belajar mengenai baris berbaris dan juga memimpin setiap regunya.
  3. UKS, merupakan organisasi yang bergerak di bidang kesehatan yang mana hal ini pun penting ketika adanya siswa yang sedang sakit.
  4. Koperasi sekolah merupakan koperasi yang bergerak di sekolah dan hal ini bertujuan untuk memberikan kesejahteraan untuk warga sekolahnya.
  5. OSIS merupakan organisasi siswa intra sekolah yang memiliki peran penting dalam agenda sekolahnya.
  6. PMR merupakan organisasi yang membantu siswa yang sedang sakit.
  7. Kegiatan panduan suara, merupakan organisasi yang menyalurkan siswanya yang memiliki bakat suara yang baik.
  8. Grup Drum Band, merupakan organisasi yang menyalurkan siswanya yang memiliki bakat untuk memainkan alat musik drum.
  9. Lembaga Dakwah di sekolah merupakan organisasi yang memiliki kegiatan keagamaan.
  10. Karya Ilmiah Remaja organisasi yang menyalurkan siswanya yang memiliki bakat untuk penelitian.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …