Sebutkan dan jelaskan 5 bentuk negara!

Sebutkan dan jelaskan 5 bentuk negara!

Jawaban

5 Macam-macam bentuk negara ialah sebagai berikut:

  1. Negara Kesatuan merupakan negara yang dibentuk pertama sehingga negara yang sudah merdeka dan berdaulat dan hanya memiliki pemerintah pusat untuk mengatur seluruh negaranya.
  2. Negara Serikat, merupakan bentuk negara yang gabungan dari beberapa negara sehingga menjadi beberapa negara dalam satu negara.
  3. Negara Konfederasi merupakan bentuk negara yang sifatnya tidak permanen karena dibentuk dengan untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Negara Monarki merupakan bentuk negara dan juga memiliki pemerintahan yang dilakukan hanya dengan satu orang biasanya disebut dengan ratu atau raja.
  5. Negara oligarki merupakan negara yang memiliki pemerintahan berasal dari kelompok negara feodal.

Pembahasan

Dalam setiap tentu memiliki bentuk negara dan pemerintahannya sendiri, tidak mungkin setiap negara akan sama karena berasal dari sejarah berdirinya negara pun berbeda, sehingga terdapat 5 bentuk negara di dunia yaitu berikut ini:

  1. Negara kesatuan merupakan bentuk negara dengan memiliki pemerintahan yang tertinggi yaitu pada pemerintah pusat. Selain itu, negara kesatuan pula memiliki pembagian kekuasaan pada setiap daerah misalnya di Provinsi. Biasanya negara kesatuan ini memiliki konstitusi yang digunakan sebagai dasar negara yaitu Undang-undang Dasar dengan dilengkapi oleh kepala negara atau presiden, juga para menteri. Pajak yang terdapat di negara kesatuan biasanya ditarik oleh pemerintah pusat. Karakter dalam bidang pendidikan pun dapat terlihat yang mana kurikulum pendidikan digunakan secara menyeluruh sehingga setiap sekolah perlu menyesuaikan. Negara kesatuan ini juga dibagi lagi menjadi dua yaitu sentralisasi semua persoalan baik negara maupun daerah diatur oleh pemerintah pusat sehingga pemerintah daerah hanya mengikuti ketentuan yang berada di pusat. Sedangkan, bentuk kedua desentralisasi yaitu negara yang memberikan keleluasaan pada daerahnya untuk mengatur urusan rumah tangganya sendiri sehingga dalam hal ini pemerintah daerah akan menjalankan baik secara administratif maupun secara politik.
  2. Negara federasi, merupakan negara yang di dalamnya terdapat negara bagian lagi namun kekuasaan tetap berada di pemerintah pusat namun negara bagian juga diberikan otoritas untuk menjalankan aturannya dengan rakyatnya di masing-masing wilayah.
  3. Negara konfederasi merupakan bentuk negara yang bersifat permanen, dibentuknya suatu negara karena adanya perjanjian yang disepakati dan hal ini untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  4. Negara Monarki merupakan negara yang hanya memiliki satu pemerintah saja biasanya disebut dengan raja atau ratu. Sehingga dalam seluruh urusan negara hanya dipegang  oleh ratu atau raja.
  5. Negara Oligarki merupakan bentuk negara yang berasal dari suatu kelompok feodal.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …