Jelaskan mengapa pembangunan pulau terluar menjadi penting dalam upaya melindungi kehilangan potensi ekonomi maritim Indonesia​

Jelaskan mengapa pembangunan pulau terluar menjadi penting dalam upaya melindungi kehilangan potensi ekonomi maritim Indonesia​

Jawaban

Pulau terluar sangat penting dilakukan pembangunan karena mengingat posisinya yang berada diluar daratan Indonesia dan sangat terpencil, sehingga memungkinkan kemudahan bagi negara tetangga yang berdekatan untuk mengeksploitasinya bahkan melakukan klaim kepemilikan akan wilayah tersebut. Pembangunan pulau terluar merupakan salah satu bukti kepedulian negara terhadap kepemilikan akan wilayah tersebut sehingga Indonesia tidak kehilangan potensi maritim yang dimiliki wilayah tersebut.

Pembahasan

Pulau terluar merupakan pulau yang memiliki wilayah yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan wilayah disekitarnya. Wilayah ini memiliki luas <2000 km2. Pulau terluar ini biasanya terletak akan menjauh dari daratan pulau-pulau besar Indonesia. Namun, bagi Indonesia, pulau terluar ini merupakan salah satu kekayaan Nusantara yang harus dilestarikan. Keberadaan pulau terluar ini merupakan salah satu kedaulatan negara, pengendalian lingkungan hidup, dan merupakan salah satu situs dan warisan dunia.

Pulau terluar ini memiliki kedudukan sebagai kawasan perbatasan negara, sehingga perlu melakukan perhatian yang lebih khusus untuk memperkuat kedudukan dan kepemilikan terhadap wilayah tersebut. Maka, pemerintah Indonesia mengadakan pembangunan yang baik diwilayah-wilayah pulau terluar Indonesia, sehingga negara lain yang berdekatan tidak merasa bahwa wilayah tersebut bukan milik Indonesia dan berakhir mengklaim kepemilikan sendiri atas wilayah tersebut.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …