Kenapa Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan nabi Ismail sewaktu kecil​?

Kenapa Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan nabi Ismail sewaktu kecil​?

Jawaban

Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajr dan Nabi Ismail karena itu adalah perintah dari Allah SWT. Dalam Al-Quran (Doa Nabi Ibrahim saat meninggalkan istri dan anak nya di tempat gersang itu) Peristiwa ini diabadikan dalam surah Ibrahim.

Artinya: Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Rabb (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah rezeki mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka dapat bersyukur.” (Q.S Ibrahim: 38)

Pembahasan

Nabi Ibrahim adalah nabi yang penuh dengan kesabaran dan keikhlasan hal ini karena sikap dan tindakannya yang mengutamakan Allah sebagai pencipta pemberi segala bentuk nikmat yang dimilikinya. Adapun singkatan atau ringkasan cerita terkait peristiwa Nabi Ibrahim a.s menyembelih anak kandungnya sendiri yaitu Nabi Ismail a.s diawali ketika Allah SWT memberikan Nabi Ibrahim mimpi sebagai wujud dan bentuk ketaatan pada Allah, nabi Ibrahim harus rela anaknya disembelih sebagai bentuk ketaatan dan kurban pada masa itu.