Sebutkan dan jelaskan perbedaan dari separated subject curriculum, correlated subject curriculum, dan integrated subject curriculum​

Sebutkan dan jelaskan perbedaan dari separated subject curriculum, correlated subject curriculum, dan integrated subject curriculum​

Jawaban

Ada tiga jenis silabus atau kurikulum, yaitu:

  1. Separated subject curriculum. Ini berarti bahwa semua kain bergambar berada dalam kompartemen terpisah yang terpisah satu sama lain. Tema atau tema adalah hasil pengalaman manusia selama berabad-abad, atau budaya dan pengetahuan yang dikumpulkan oleh manusia sejak lama, disusun dan disederhanakan secara logis dan sistematis, pada setiap usia, yang akan disajikan kepada siswa sesuai dengan itu.
  2. Correlated subject curriculum. Ini berarti bahwa setiap mata pelajaran ada hubungannya dengan itu.
  3. Integrated subject curriculum​. Kurikulum terpadu bertujuan untuk mendobrak batas-batas antara  mata pelajaran yang berbeda, menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk unit atau keseluruhan, dan membentuk anak menjadi individu yang terintegrasi.

Pembahasan

Kurikulum formal adalah rencana di mana kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran pendidikan. Ini adalah kumpulan dokumen  yang perlu Anda jalankan. Ini termasuk apa yang sebenarnya terjadi di kelas dan apa yang disiapkan dan dievaluasi. Setiap sekolah memiliki kurikulum terencana yang terdiri dari seperangkat tujuan yang terdiri dari isi dan pengalaman belajar serta hasil yang diharapkan. Ini adalah rencana yang jelas dan dipersiapkan dengan baik, biasanya diatur berdasarkan mata pelajaran dan kelas, dengan peran guru yang terdefinisi dengan baik. Kurikulum tersembunyi  tidak terencana dan informal. Ini kadang-kadang disebut sebagai kurikulum “tidak resmi” atau “dilindungi” atau “tidak resmi”. Kurikulum dilakukan di luar kerangka pengajaran formal. Ini adalah perilaku dan sikap yang diabaikan dan disebutkan di kelas atau sekolah karena tidak dinyatakan secara eksplisit. Ini terdiri dari aturan tidak tertulis, pertemuan, adat istiadat dan nilai-nilai budaya. Hal ini dibentuk oleh faktor-faktor seperti status sosial ekonomi dan latar belakang pengalaman guru dan siswa.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …