Naiknya pendapatan seseorang dari Rp 200.000 menjadi Rp.300.000 mengakibatkan bertambahnya jumlah barang x yang diminta dari 10 unit menjadi 16 unit berapakah besarnya elastisitas pendapatan tersebut​

Naiknya pendapatan seseorang dari Rp 200.000 menjadi Rp.300.000 mengakibatkan bertambahnya jumlah barang x yang diminta dari 10 unit menjadi 16 unit berapakah besarnya elastisitas pendapatan tersebut​

Jawaban

Elastisitas merupakan angka yang memberikan persentase pengaruh terhadap variabel lain. Elastisitas pendapatan dari soal itu yaitu

Jumlah perubahan Q/Jumlah perubahan P X P/Q

6/100.000 x 300.000/16 = 1,125

Pembahasan

Dalam ilmu ekonomi, definisi elastisitas adalah angka yang memberikan perubahan persentase  yang terjadi pada satu variabel sebagai respons terhadap perubahan setiap persentase variabel lain.

Konsep elastisitas dalam ilmu ekonomi dimaksudkan untuk mengukur respon atau kepekaan suatu variabel terhadap perubahan variabel lain. Elastisitas berkaitan erat  dengan teori penawaran dan permintaan, terutama dari perspektif pengambilan keputusan. Pide mengatakan, dalam mengambil keputusan perlu diketahui seberapa besar penawaran dan permintaan akan naik atau turun akibat fluktuasi harga. Misalnya, jika harga suatu barang naik 10%, Anda perlu mengetahui berapa banyak jumlah yang dibutuhkan untuk barang itu telah berubah. Untuk mencari perubahan pada setiap variabel, kita memerlukan konsep elastisitas.

Berbagai jenis elastisitas memainkan peran penting bagi bisnis dan pemerintah. Bagi perusahaan, elastisitas berfungsi sebagai pedoman dalam menentukan volume produksi, bukan hanya sekedar harga jual suatu produk. Elastisitas, di sisi lain, digunakan untuk memprediksi kebijakan ekonomi yang akan diterapkan pemerintah.

  • Elastisitas permintaan

Menurut Nuraini, sumber yang sama di atas, elastisitas permintaan adalah tingkat perubahan permintaan akibat  perubahan harga komoditas.

  • Elastisitas penawaran

Elastisitas penawaran adalah ukuran tingkat perubahan  jumlah yang ditawarkan sebagai akibat dari perubahan variabel lain yang mempengaruhi penawaran.

  • Elastisitas silang

Jenis elastisitas ini mengukur  kepekaan permintaan barang terhadap perubahan ketika harga barang  berubah. Harga barang dagangan lainnya berarti harga barang dagangan yang berkaitan dengan barang dagangan yang diminta.

  • Elastisitas pendapatan

Elastisitas pendapatan digunakan untuk mengukur besarnya  perubahan jumlah barang yang diminta akibat  perubahan pendapatan.

Check Also

Apa itu lampiran pada surat resmi dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu lampiran pada surat resmi dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu lampiran pada surat resmi dan bagaimana cara membuatnya? Jawabannya adalah dokumen tambahan yang …