Berikan 3 contoh kebhinekaan global

Berikan 3 contoh kebhinekaan global

Jawaban

Tiga contoh kebhinekaan global yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki sikap saling menghargai setiap budaya
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi pada siapa pun dari kalangan mana saja tanpa membeda-bedakan
  3. Selalu menciptakan adanya perdamaian dan kerukunan di kalangan masyarakat

Penjelasan

Kebhinekaan global merupakan salah satu elemen dari adanya program pendidikan yaitu pelajar Pancasila terdapat enam elemen yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Keenam elemen dapat dijelaskan berikut ini:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, tentu elemen ini mengharapkan bahwa pelajar di Indonesia memiliki karakter yang senantiasa bertakwa dan berakhlak mulia, hal ini dapat di terapkan dengan memahami setiap ajaran agama, dapat menerapkan setiap ajaran agamanya, memiliki akhlak yang mulia baik dalam beragama, individu, juga bernegara.

2. Berkebinekaan global, pelajar Indonesia diharapkan memiliki karakter yaitu dapat mempertahankan budaya luhur, juga identitas bangsanya. Namun, tidak hanya budaya yang ia pegang namun juga dapat terbuka dengan budaya, sehingga dalam menerapkan elemen ini ialah sikap saling menghargai satu sama lain merupakan sikap yang penting untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara mengingat karena banyaknya budaya di Indonesia dan untuk menjaga perdamaian dalam masyarakat.

3. Gotong royong, pelajar Indonesia juga dapat memiliki kemampuan gotong royong melakukan kerja sama pada setiap kegiatan agar terasa ringan dan dikerjakan secara ikhlas tanpa meminta imbalan, sehingga dari aktivitas gotong royong dapat memunculkan sikap saling peduli dan senang berkolaborasi.

4. Mandiri, tentu sikap mandiri juga hal penting dalam pelajar Indonesia yang dapat sadar akan dirinya dan juga situasi sekitarnya.

5. Kreatif merupakan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat dan bernilai guna. Dalam hal ini tentu pelajar Indonesia harus memiliki ide yang orisinal dalam setiap kemampuan menciptakannya.

6. Bernalar kritis, kemampuan untuk berpikir secara rasional dan juga mampu memecahkan masalah karena mengingat adanya globalisasi yang mana masalah pun semakin kompleks dan menuntut kita untuk dapat memecahkan masalah secara rasional.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …