Sebagian besar negara di Asia Tenggara masih mengimpor barang barang yang sama. Sebutkan kesamaan barang barang impor di kawasan Asia Tenggara

Sebagian besar negara di Asia Tenggara masih mengimpor barang barang yang sama. Sebutkan kesamaan barang barang impor di kawasan Asia Tenggara

Jawaban

Asia Tenggara adalah wilayah benua Asia, yang terdiri dari negara-negara yang secara geografis berada di selatan Cina, di timur India, di barat Samudera Pasifik dan di utara Australia. Sebagian besar negara di Asia tenggara masih mengimpor barang barang yang sama. kesamaan barang barang impor di kawasan Asia tenggara

  • Hasil pertanian.
  • Hasil tambang.
  • Hasil kayu.
  • Hasil ternak.

Pembahasan

Asia Tenggara adalah wilayah benua Asia, yang terdiri dari negara-negara yang secara geografis berada di selatan Cina, di timur India, di barat Samudera Pasifik dan di utara Australia.

Asia Tenggara terdiri dari negara Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, dan Brunei.

Negara-negara ini memiliki kesamaan berupa:

1. Sama-sama beriklim tropis.

Asia Tenggara sepenuhnya berada di dekat Khatulistiwa sehingga beriklim tropis. Iklim ini berdampak pada curah hujan tinggi dan panas sepanjang tahun.

2. Sama- sama dipengaruhi angin muson.

Angin muson bertiup dan berganti arah setiap 6 bulan. Ini mengakibatkan perubahan musim antara musim kering atau kemarau dan musim hujan. Angin ini juga membantu pelayaran di Asia Tenggara sehingga memungkinkan adanya jalur perdagangan sejak ratusan tahun lalu, seperti jalur perdagangan rempah-rempah.

3. Sama-sama terletak diantara dua Samudera dan diantara Asia Timur (China) dan Asia Selatan (India)

Lokasi ini membuat lokasi Asia Tenggara menjadi strategis dan dilalui jalur pelayaran antar wilayah dunia. Ini juga membuat budaya di Asia Tengara banyak dipengaruhi oleh budaya di India dan China, misalnya dilihat dari pengaruh agama Hindu dan Buddha serta pengaruh kata serapan dari bahasa-bahasa China.

4. Sama-sama negara agraris

Karena lokasi yang beriklim tropis ini hampir seluruh Asia Tenggara bergantung pada pertanian padi sebagai bahan makanan pokok.

Namun negara-negara Asia Tenggara juga memiliki perbedaan yaitu:

1. Perbedaan rumpun bahasa

Setiap negara di Asia Tenggara memiliki bahasa yang berbeda. Bahasa resmi negara ini bisa dibagi menjadi empat rumpun bahasa yaitu: rumpun bahasa Austronesia (bahasa Indonesia di Indonesia, bahasa Melayu di Malaysia, Singapura dan Brunai, bahasa Tagalog di Filipina dan bahasa Tetum di Timor Leste), rumpun bahasa Tai-Kadai (bahasa Thai di Thailand dan bahasa Lao di Laos), rumpun bahasa Austroasiatik (bahasa Khmer di Kamboja dan bahasa Viet di Vietnam) serta rumpun bahasa Sino-Tibet (bahasa Bamar di Myanmar dan bahasa Mandarin di Singapura).

2. Perbedaan suku bangsa

Setiap negara memiliki suku bangsa sendiri. Bahkan banyak negara di Asia Tenggara memiliki puluhan hingga ratusan suku bangsa di negara itu. Misalnya, di Indonesia ada suku Jawa, Sunda, Batak, Melayu dan sebagainya. Sedangkan di Malaysia ada suku bangsa Melayu, Dayak, Orang Asli, dan sebagainya.

3. Perbedaan agama

Asia Tenggara sangat beragam dalam hal agama. Negara yang sebagian besar beragama Islam adalah Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Negara yang sebagian besar beragama Buddha (aliran Theravada) adalah Myanmar, Thailand, Laos, dan Kamboja. Negara yang sebagian besar beragama Kristen Katolik adalah Filipina dan Timor Leste. Singapura memiliki campuran penduduk yang beragama Konghucu, Buddha, Islam dan Kristen. Sementara Vietnam memiliki campuran penduduk beragama Buddha (aliran Mahayana) dan Katolik.

4. Perbedaan sistem pemerintahan

Sistem pemerintahan di Asia Tenggara juga berbeda. Negara berbentuk republik adalah Myanmar, Indonesia, Singapura, Filipina dan Timor Leste. Negara berbentuk kerajaan adalah Thailand, Malaysia, Brunai dan Kamboja. Sementara Laos dan Vietnam adalah negara komunis.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …