Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi

Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi

Jawaban

Teks laporan hasil observasi adalah laporan yang dibuat dan berisi serangkaian struktur tentang pengamatan hasil dari mengobservasi suatu objek. Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

1. Kata dan Frasa Verba serta Nomina

Jenis kata dan kelompok kata (frasa) yang dominan digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda). Pahami dahulu perbedaan antara kata dan frasa. Kata berbentuk morfem atau morfem bebas, yaitu satuan bahasa terkecil (dapat memiliki arti maupun tidak) yang bersifat bebas. Frasa merupakan gabungan beberapa unsur namun tidak melebihi batas fungsi. Artinya, sekalipun terdiri atas beberapa unsur namun hanya memiliki satu fungsi dalam sebuah kalimat.. Selain itu, frasa merupakan kelompok kata yang nonpredikatif, atau tidak menduduki subjek dan predikat.

a. Nomina

Kata dan Frasa.

Wayang = a) seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. b) sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia. c) sebuah warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur. UNESCO = a) lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB. b) para wali songo. c) penyebar agama Islam di Jawa. d) wayang kulit. e) wayang wong atau wayang orang. f) wayang golek atau wayang boneka. g) penjenisan tersebut. h) penggunaan bahan wayang. i) wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. j) wayang yang menggunakan boneka kayu.

b. Verba

Kata dan Frasa adalah ,menetapkan ,disesuaikan, dibuat, berarti, adalah, mengembangkan = sudah membagi

Berdasarkan analisis kata dan frasa dapat dinyatakan bahwa pada paragraf pertama teks di atas banyak digunakan frasa nomina. Sementara itu, frasa verba pada paragraf pertama teks di atas hanya ada satu, sedangkan yang lainnya berupa kata. Dengan demikian, nomina yang berfungsi sebagai subjek atau objek pada paragraf pertama teks di atas banyak menggunakan frasa, sedangkan predikat banyak menggunakan kata.

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah laporan yang dibuat dan berisi serangkaian struktur tentang pengamatan hasil dari mengobservasi suatu objek. Dalam mengobservasi, Seseorang memperhatikan sekeliling objek atau tempat yang dilakukan pengamatan untuk mendapatkan informasi berdasarkan fakta yang ada disana, yang nantinya ditulis dengan menggunakan struktur laporan sebagai berikut.

Struktur laporan hasil observasi :

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum adalah struktur laporan yang memaparkan tentang informasi pembuka sebelum menampilkan hasil observasi.

2. Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah bagian struktur yang menjelaskan hal yang dilaporkan mengenai sesuatu yang yang sudah dilakukan pengamatan.

3. Deskripsi manfaat

Deskripsi manfaat adalah bagian akhir yang membahas tentang manfaat terhadap sesuatu pada objek yang telah diamati.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …