Tari Saman dari Aceh menggunakan pola lantai​

Tari Saman dari Aceh menggunakan pola lantai​

Jawaban

Pola lantai adalah salah satu jenis dari unsur pendukung yang ada pada seni tari dan seringkali digunakan dalam tari daerah. Pola lantai yang digunakan pada tari Saman yang merupakan tari daerah dari Aceh adalah garis horizontal.

Pembahasan

Tari Saman adalah salah satu bentuk dari tari daerah yang ada di Indonesia dan berasal dari daerah Aceh. Dalam pementasannya, tari Saman akan menggunakan berbagai macam unsur pendukung yang ada pada seni tari untuk bisa meningkatkan nilai keindahan dari pementasan seni tari tersebut. Salah satu jenis dari unsur pendukung seni tari yang digunakan pada pementasan tari Saman adalah pola lantai.

Pola lantai adalah suatu formasi atau barisan yang dibentuk oleh para penari ketika berpindah tempat saat melakukan gerak tarinya atau ketika melakukan suatu gerak tari secara bersamaan. Pola lantai ini juga bisa berupa suatu garis imajiner yang berupa suatu alur di mana para penari akan melewati garis tersebut ketika berpindah tempat. Pola lantai yang digunakan pada tari Saman adalah pola lantai horizontal yang berupa suatu barisan di mana para penari akan berbaris dari arah kiri ke arah kanan secara sejajar. Pada tari Saman, pola lantai ini digunakan untuk menunjukkan hubungan antara sesama manusia yang menjadi salah satu makna yang ada pada tari daerah tersebut.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …