Apakah relevansi 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan profesionalitas ASN​

Apakah relevansi 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan profesionalitas ASN​

Jawaban

Lemhannas RI sendiri memfokuskan untuk membekali 4 Konsensus Dasar Bangsa, yakni NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan mengimplementasikan Paradigma Nasional, yakni Ketahanan Nasional, Wawasan Nusantara, dan Kewaspadaan Nasional.

Pada kesempatan sosialisasi yang disaksikan para tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)  Kabupaten Kendal, Rerie mengajak, Kecamatan Ngampel, Jawa Tengah, para tenaga kesejahteraan sosial untuk memberikan nilai-nilai kebangsaan yang terdapat dalam kandungan empat konsensus Kebangsaan dalam menghadapi akibat pandemi Covid-19.

Pembahasan

UUD NKRI 1945 merupakan konstitusi negara sebagai tumpuan atau landasan konstitusional bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai hukum dasar dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, masyarakat, dan bernegara.

UUD 1945 yaitu semua naskah yang terdiri dari pasal-pasal (Pasal II Aturan Tambahan) dan pembukaan. UUD 1945 juga memiliki fungsi yaitu  sebagai sarana kontrol, dalam pengertian UUD 1945 mengontrol apakah norma hukum yang lebih rendah tidak ataupun sudah sesuai dengan norma hukum yang lebih tinggi.

UUD yakni suatu dokumen utama dalam organisasi yang menentukan aspek dasar dari suatu organisasi tersebut. Sedangkan undang-undang menentukan pedoman terperinci menyatakan pekerjaan harian organisasi dan dari aspek fundamental organisasi. Undang-undang didasari oleh Undan-Undan Dasar.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …