Jelaskan dan berikan contoh tentang AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, Tantangan)

Jelaskan dan berikan contoh tentang AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, Tantangan)

Jawaban

Ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara, dan keselamatan segenap bangsa. Contoh kasus ancaman terhadap NKRI, yaitu : Kapal patrol Diraja Malaysia menembaki kapal patrol DKP Indonesia pada tahun 2010.  dan Penyadapan yang dilakukan oleh badan intelijen Australia terhadap Indonesia.

Gangguan diartikan sebagai potensi atau kondisi yang berasal dari luar yang mengandung bahaya dan tidak bersifat konseptual. Contoh kasus gangguan terhadap NKRI adalah : TNI AU memaksa mendarat Pesawat Cessna 2008 milik Amerika Serikat yang melanggar wilayah udara nasional Indonesia.

Hambatan merupakan tindakan, potensi, atau kondisi yang mengandung bahaya dan tidak konseptual yang berasal dari diri sendiri. Contoh kasus hambatan terhadap NKRI, yaitu : Adanya kelompok-kelompok yang ingin menggantikan ideologi Pancasila, seperti : GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

Tantangan adalah tindakan, potensi, atau kondisi baik dari luar maupun dari dalam diri sendiri yang membawa masalah untuk diselesaikan serta menggugah kemampuan diri. Contoh kasus tantangan terhadap NKRI adalah : Maraknya kasus KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme). Contohnya : kasus korupsi wisma atlet Hambalang, kasus korupsi Bank Century dan Maraknya penduduk miskin di Indonesia.

Pembahasan

Indonesia memproklamsikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda selama 3,5 abad lalu kemudian dijajah oleh Jepang. Meskipun Indonesia sudah merdeka, banyak ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang baik dari dalam maupun dari luar. Maka dari itu sebagai warga negara yang baik kita harus bersatu untuk menghadapi hal tersebut.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …