Bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk bertahan hidup dan melindungi diri?

Bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk bertahan hidup dan melindungi diri?

Jawaban

Tumbuhan berperan sebagai sumber makanan bagi manusia dan juga hewan. Setiap anggota tubuh yang dimiliki oleh tumbuhan juga memiliki fungsi masing-masing, Salah satu bagian dari tumbuhan yang berperan dalam bertahan hidup dan melindungi diri yaitu akar dan batang.

Pembahasan:

Tumbuhan sangat penting keberadaanya di bumi, karena tumbuhan berperan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan. Sama seperti manusia, tumbuhan juga memiliki anggota tubuh yang memiliki fungsi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan, bertahan hidup dan pada umumnya semua tanaman memiliki akar, batang, dan daun. Beberapa fungsi dari bagian tumbuhan terkhususnya yang berperan untuk bertahan hidup dan melindungi diri yaitu:

  • Akar

Bagian yang paling penting bagi tumbuhan yaitu akar. Hal ini dikarenakan, akar akan menyerap zat hara sebagai sumber makanan pada tumbuhan.  Jadi, jika akar pada tumbuhan dipotong, maka tumbuhan tidak bisa mengambil nutrisi dari dalam tanah dan akan mati. Sehingga, akar pada tumbuhan berperan untuk bertahan hidup

  • Batang

Bagian utama batang pada tumbuhan ada di permukaan tanah. Batang berperan dalam menghantarkan air, nutrisi, dan makanan ke seluruh bagian tumbuhan. Batang juga yang membuat tumbuhan dapat berdiri kokoh dan mengarahkan tumbuhan untuk mendapatkan cahaya matahari.

Selain batang, ada beberapa tumbuhan yang mengeluarkan getah dan mempunyai duri untuk melindungi diri dari serangan musuh yang mengancam hidup tumbuhan.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …