Jelaskan apa pengertian wilayah berdasarkan pemahaman anda dan berikan contohnya !

Jelaskan apa pengertian wilayah berdasarkan pemahaman anda dan berikan contohnya !

Jawaban

Berdasarkan pemahamanku, pengertian wilayah adalah suatu daerah pada permukaan bumi yang mencakup komponen-komponen di lingkungan sekitarnya yang turut menjadi karakteristik wilayah tersebut, baik yang berupa komponen biotik maupun abiotik dengan batasan-batasan tertentu yang sudah disepakati. Contoh wilayah berdasarkan pemahaman saya adalah wilayah teritorial suatu negara, wilayah perairan, wilayah kabupaten, wilayah provinsi, wilayah adminstratif dan lain sebagainya.

Pembahasan

Pemaknaan kata wilayah bisa menggunakan banyak aspek sebagai acuan. Contohnya pada aspek bahasa, maka acuannya adalah pemaknaannya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. KBBI mengartikan wilayah sebagai suatu daerah pemerintahan, kekuasaan, pengawasan dan semacamnya. KBBI juga menyamakan wilayah sebagai lingkungan daerah yang dalam hal ini maksudnya adalah kecamatan, kabupaten dan provinsi.

Adapun dalam konteks Ilmu Sosial, wilayah ini bisa dimaknai sebagai suatu objek formal dari geografi yang letaknya di permukaan bumi. Lebih lanjut, wilayah ini disebutkan mempunyai karakteristik tersendiri atau khas atau khusus yang menjadi gambaran utuh homogenitasnya (keseragaman). Keseragaman dalam wilayah inilah yang kemudian menjadi unsur pembeda antara wilayah satu dengan wilayah lainnya yang juga berada di sekitarnya.

Adapun karakteristik wilayah atau region dalam kajian ini antara lain:

  1. Kondisi alam.
  2. Kondisi ekonomi.
  3. Kondisi demografi.
  4. Kondisi sosial budaya.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …