Arti kiasan siaga, penggalang, Penegak

Arti kiasan siaga, penggalang, Penegak

Jawaban

Istilah kiasan (bukan makna sebenarnya, melainkan makna dalam lingkup Pramuka) dari siaga, penggalang dan penegak adalah:

  1. Siaga, yakni anggota Pramuka dengan rentang usia 7 hingga 10 tahun.
  2. Penggalang, yakni anggota Pramuka dengan rentang usia 11 sampai 15 tahun.
  3. Penegak, adalah anggota Pramuka dengan rentang usia 16 sampai 20 tahun.

Pembahasan

Siaga, Penegak dan Penggalang adalah sebutan bagi tingkatan anggota Pramuka yang dibagi-bagi berdasarkan rentang usianya. Selain ketiganya, dikenal pula sebutan Pramuka Pandega, yakni anggota yang usianya berada pada rentang 21 sampai 25 tahun. Di luar dari keempatnya, dikenal juga kedudukan anggota Pramuka lainnya seperti:

  1. Pembina Pramuka
  2. Andalan Pramuka
  3. Korps Pelatih Pramuka
  4. Pamong Saka Pramuka
  5. Staf Kwartir
  6. Majelis Pembimbing

Pramuka sendiri adalah salah satu organisasi di Indonesia yang sebagian besar anggotanya adalah siswa dan siswa di seluruh Indonesia. Sebagai organisasi, Pramuka resmi berdiri pada tahun 1961 dan saat ini kepemimpinannya dipegang sosok bernama Budi Waseso. Kantor pusat Pramuka ada di Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Medan Merdeka Timur. Pramuka sering juga disebut sebagai Gerakan Kepanduan Indonesia yang cikal bakalnya sebenarnya sudah ada sejak tahun 1923. Cikal bakal yang dimaksud adalah berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie atau NPO yang didirikan oleh Belanda di kota Bandung.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …