Apa saja yang mempengaruhi kemampuan dalam membawakan sebuah tarian?

Apa saja yang mempengaruhi kemampuan dalam membawakan sebuah tarian?

Jawaban

Dalam membawakan suatu tarian, berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi kemampuan seorang penari:

  • Wiraga: kemampuan seorang penari dalam melakukan setiap rangkaian gerak tari yang ada pada suatu pagelaran karya tari. Wiraga bisa dibilang adalah unsur utama dalam seni tari yang sangat penting untuk bisa dimiliki oleh penari. Maka dari itu, para penari harus rajin melakukan olah tubuh yang bisa mempersiapkan tubuh para penari dalam melakukan suatu gerak tari.
  • Wirama: kemampuan para penari untuk menyesuaikan gerak tari yang mereka lakukan dengan irama yang dihasilkan oleh iringan yang digunakan dalam pagelaran karya tari tersebut.
  • Wirasa: kemampuan para penari untuk menjiwai dan juga menghayati gerak tari yang ia lakukan sehingga pesan yang ada pada gerak tari bisa tersampaikan seluruhnya kepada para penonton yang menyaksikan penampilan karya tari tersebut.

Pembahasan

Seni tari adalah salah satu cabang seni audiovisual yang menggunakan gerak tari sebagai unsur utama yang membentuk karya seninya. Gerak tari sendiri adalah rangkaian gerakan indah yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Gerak tari merupakan hasil stilasi dari gerakan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka menambahkan nilai keindahan pada gerakan tersebut. Ketiga unsur yang sudah disebutkan di atas adalah unsur utama yang ada pada seni tari dan juga merupakan unsur utama yang harus diperhatikan oleh para penari.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …