Jelaskan keragaman gerak dasar tari tradisional di Indonesia

Jelaskan keragaman gerak dasar tari tradisional di Indonesia

Jawaban

Salah satu jenis dari kesenian daerah yang ada di Indonesia adalah tari daerah di mana setiap daerah memiliki tari daerahnya masing-masing. Di Indonesia, berikut adalah beberapa keragaman gerak dasar tari tradisional:

  • Bali: memiliki gerak tari berupa gerak mata dan juga gerakan tangan yang lincah.
  • Jawa Barat: memiliki gerak tari yang kuat dan lincah.
  • Sulawesi: memiliki gerak tari yang indah dan lemah gemulai.

Pembahasan

Gerak tari adalah unsur utama yang ada pada seni tari. Gerak tari sendiri adalah rangkaian gerakan indah yang dihasilkan oleh tubuh para penari. Hal ini juga membuat gerak tari menjadi media yang digunakan oleh para penari dalam menyampaikan ide dan gagasan yang ada pada suatu karya seni tari kepada para penonton. Di Indonesia, seni tari juga menjadi salah satu bentuk dari kesenian daerah yang bisa kita temukan di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Tari daerah adalah salah satu jenis dari karya seni tari yang memiliki aturan dan juga pola gerak yang mengikat gerak tarinya. Aturan dan pola gerak ini membuat kita tidak bisa dengan sembarangan mengubah gerak tari yang ada pada suatu tari daerah. Setiap daerah memiliki ciri khas pada gerak tarinya masing-masing dan hal ini dikarenakan adanya perbedaan budaya pada masing-masing daerah.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …