Mengapa masyarakat Desa Petulu menggemari Tari Legong Kuntul?

Mengapa masyarakat Desa Petulu menggemari Tari Legong Kuntul?

Jawaban

Masyarakat Desa Petulu sangat menggemari tari Legong Kuntul dikarenakan tarian tersebut melambangkan persahabatan antara warga masyarakat di Desa Petulu dengan para kawanan burung kuntul atau kokokan yang membuat sarang pada pohon- pohon di sepanjang jalan desa tersebut. Hal ini akhirnya menyebabkan para warga menganggap bahwa burung kuntul merupakan bagian dari kehidupan mereka.

Pembahasan:  

Tari tradisional ialah tarian yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun. Nilai-nilai budaya yang ada pada suatu daerah merupakan tumpuan dari tarian tradisional serta memiliki sifat kedaerahan. Namun tarian tradisional pun dapat berkembang dengan tetap menghormati serta tidak menghilangkan akar budaya asal muasalnya.

Tari tradisional merupakan aktivitas yang melibatkan tubuh, pikiran, jiwa, perasaan yang bersifat komunikatif, sosial, masyarakat serta tidak memiliki standar kelembagaan atau aturan.

Terdapat tiga pembagian pada seni tari tradisional, yaitu :

  1. Tari klasik merupakan tari yang hidup dan berkembang secara turun temurun di lingkungan kerajaan atau keraton,
  2. Tari Rakyat merupakan Tari yang hidup dan berkembang secara turun temurun di lingkungan masyarakat, dan
  3. Tari kreasi merupakan perpaduan antara gerak tari, seperti perpaduan antara tari tradisional dan modern. Tari kreasi dapat dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide ide atau pikiran.

Salah satu contoh tari tradisional ialah tarian Legong Kuntul yang berasal dari Desa Petulu, Ubud, Bali.  Tari Legong Kuntul ini merupakan tarian klasik non- dramatik yang menggambarkan keanggunan serta karakteristik burung kuntul atau kokokan. Tarian ini biasanya dibawakan oleh 4 sampai dengan 8 orang penari.

Warga masyarakat Desa Petulu sangat menghormati keberadaan burung kuntul itu sebagai bagian dari filosofi hidup mereka. Para warga desa tak ada yang berani mengusir kawanan tersebut bahkan mereka meyakini bahwa melimpahnya panen tak terlepas dari peran kawanan kuntul dalam menjaga sawah dan ladang mereka.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …