Mengapa perdagangan bebas dunia menguntungkan negara-negara maju?

Mengapa perdagangan bebas dunia menguntungkan negara-negara maju?

Jawaban

Alasan perdagangan bebas dunia lebih menguntungkan negara – negara maju dikarenakan negara-negara maju mempunyai sumber daya manusia dan teknologi yang canggih sehingga bisa menciptakan produk yang berdaya saing tinggi dan berkualitas. Juga negara-negara maju mempunyai kemampuan produksi yang tinggi dengan mempertahankan kualitasnya.

Pembahasan

Perdagangan bebas atau disebut juga pasar bebas adalah kebijakan di mana pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor atau ekspor. Namun, sebagian besar pemerintah masih memberlakukan beberapa kebijakan proteksionis yang dimaksudkan untuk mendukung kerja lokal, seperti penerapan tarif impor atau subsidi untuk ekspor. Pemerintah juga dapat membatasi perdagangan bebas untuk membatasi ekspor sumber daya alam. Hambatan lain yang dapat menghambat perdagangan termasuk kuota impor, pajak, dan hambatan non-tarif seperti undang-undang peraturan.

Fungsi utama perdagangan bebas adalah memberikan kebebasan pada masyarakat untuk bisa melakukan aktivitas ekonomi, khususnya dalam melakukan aktivitas ekspor dan impor barang. Memberikan informasi terkait harga dan kuantitas permintaan barang yang akan berdampak pada stabilitas harga barang. Salah satu contoh dari pasar bebas adalah harga listrik yang ditentukan oleh subsidi pemerintah.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …