Jelaskan dampak kerjasama bidang politik di kawasan ASEAN

Jelaskan dampak kerjasama bidang politik di kawasan ASEAN

Jawaban

Dampak dari kerjasama bidang politik di kawasan ASEAN ialah meningkatnya keamanan dan pertahanan, juga hubungan diplomatis serta politik antar negara ASEAN. Bagi negara Indonesia, kerjasama bidang politik di kawasan ASEAN merupakan hal yang sangat penting.

Pembahasan

Kerjasama politik dan keamanan di ASEAN, yaitu Komunitas Politik-Keamanan ASEAN (ASEAN Political Security Community/APSC) dibentuk dengan tujuan untuk mempercepat kerjasama politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan mewujudkan perdamaian di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Pilar ASPC menjadi bagian yang penting sebagai instrumen untuk menciptakan perdamaian kawasan (region). APSC bergerak dalam lingkup kerjasama politik dan keamanan. Keberadaan dari Pilar ASEAN Political-Security Community menjadi bagian yang penting karena komunitas ini merupakan instrumen untuk menciptakan perdamaian kawasan.

APSC koordinasi negara anggota ASEAN diharapkan dapat tercipta dengan baik dalam menjawab tantangan global dan ancaman yang muncul di kawasan. Akan tetapi, implementasi APSC di dalam ASEAN menjadi suatu hal yang tidak mudah. APSC masih menemui kendala internal yang berkenaan dengan komitmen negara-negara anggotanya untuk mengikatkan diri kepada norma yang hendak pilar ini (APSC) ciptakan. APSC dalam pembentukannya diproyeksikan dapat mengakomodir persoalan-persoalan politik-keamanan yang muncul baik dari dalam maupun luar kawasan Asia Tenggara