Contoh teks pidato Pemuda Pancasila dalam agenda kampanye Pilkades​

Contoh teks pidato Pemuda Pancasila dalam agenda kampanye Pilkades​

Jawaban

Contoh teks pidato pemuda pancasila tentang agenda kampanye yaitu:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan syafaat serta hidayah kepada kita semua sehingga dalam kesempatan ini kita semua dapat berkumpul dalam acara ini.Hadirin yang saya hormati.Pada kesempatan hari ini saya akan menyampaikan tentang keadaan politik di Indonesia. Dunia politik di Indonesia kini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan sekarang ini, banyak masyarakat memilih masuk dunia politik dibanding profesi lain yang kemungkinan lebih menjanjikan. Sekarang ini, dunia politik di Indonesia telah banyak tercampur dengan unsur-unsur lain di luar politik. Salah satu diantaranya adalah keterlibatan agama dalam politik.

Dengan tercampurnya urusan politik dan agama, akan berdampak tidak baik terhadap kedua hal tersebut, mengapa? karena masyarakat akan sulit membedakan antara agama dan politik. Menyikapi hal tersebut pastilah opini-opini akan terbentuk dan pro kontra pastilah ada. Namun sebagai masyarakat yang cerdas,  tidaklah penting bagi kita menjadi orang yang asal menilai sebuah masalah tanpa melihat sisi lain dari masalah itu sendiri. Yang harus kita lakukan adalah membuat perbaikan dalam kesalahan tersebut.Hadirin yang berbahagia. Mungkin cukup sekian pidato dari saya, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya juga meminta maaf apabila ada salah kata maupun sesuatu yang tidak berkenan di hati para hadirin semua. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pembahasan

Pidato adalah  kegiatan berbicara di depan sekelompok besar orang. Pidatonya tersampaikan dengan  baik dan  diterima oleh pendengar. Secara umum, seorang pembicara mengkomunikasikan pikirannya kepada orang lain dan pendengar.Isi dari pidato menjelaskan  ide dan instruksi. Bukan hal yang aneh bagi pembicara untuk memberikan nasihat kepada audiensnya. Itu tergantung pada konteks dan keadaan pembicaraan. Pidato umumnya disampaikan oleh orang-orang penting. Di satu sisi, orang tersebut harus menyampaikan  pernyataan atau sudut pandang.