Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia. Jelaskan jumlah penduduk yang besar bagi pembangunan dan sebutkan masalah pembangunan ekonomi di Indonesia!

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia. Jelaskan jumlah penduduk yang besar bagi pembangunan dan sebutkan masalah pembangunan ekonomi di Indonesia!

Jawaban

Jawabannya besarnya jumlah penduduk menjadi masalah utama dalam kegiatan pembangunan di Indonesia karena angka pengangguran dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Adapun masalah pembangunan di Indonesia yaitu, tingginya laju pertumbuhan penduduk, kurangnya ketersediaan lapangan kerja, dan lainnya.

Pembahasan
Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia. Jumlah penduduk yang besar menjadi masalah utama dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dalam perekonomian, jumlah penduduk yang besar dapat mendorong kegiatan pembangunan ekonomi apabila daya beli masyarakat secara keseluruhan tinggi.

Namun di Indonesia, besarnya jumlah penduduk menjadi masalah utama dalam kegiatan pembangunan karena angka pengangguran dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi, sehingga daya beli masyarakat secara keseluruhan masih rendah. Selain itu, minat masyarakat untuk melakukan kegiatan wirausaha juga masih rendah, yang berimbas tingginya jumlah utang luar negeri untuk membiayai kegiatan pembangunan di Indonesia. Jumlah penduduk yang besar ini juga diharapkan mampu membawa Indonesia pada kegiatan pembangunan untuk mencapai negara maju apabila ditopang oleh sumber daya manusia yang berkualitas, serta tingginya minat generasi muda untuk menjalankan kegiatan kewirausahaan, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran, dan menekan angka kemiskinan.

Adapun masalah pembangunan ekonomi di Indonesia yaitu:
– Tingginya laju pertumbuhan penduduk
– Kurangnya ketersediaan lapangan kerja
– Angka kemiskinan tinggi
– Distribusi pendapatan tidak merata
– Angka pengangguran tinggi
– Rendahnya produktivitas masyarakat
– Kurang berkualitasnya sumber daya manusia

Jadi, besarnya jumlah penduduk menjadi masalah utama dalam kegiatan pembangunan di Indonesia karena angka pengangguran dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Adapun masalah pembangunan di Indonesia yaitu, tingginya laju pertumbuhan penduduk, kurangnya ketersediaan lapangan kerja, dan lainnya.