Apakah bukti yang dijadikan dasar perhitungan dan pertimbangan amal manusia di hari akhir ?

Apakah bukti yang dijadikan dasar perhitungan dan pertimbangan amal manusia di hari akhir ?

Jawaban

Semua amalan manusia akan dipertimbangkan dan diperhitungkan kelak di hari akhir yaitu tepatnya pada yaumul hisab.

Sebagai bukti tertera jelas pada firman Allah :

Allah menyebutnya dalam surat Shad ayat 53 yang berbunyi,

هَٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِيَوۡمِ ٱلۡحِسَابِ

Artinya: “Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan,” (QS. Shad: 53).

Pada hari akhir segala perbuatan dan amal manusia akan di hitung dan tidak ada yang terlewat walaupun sedikit.

Pembahasan

Pengertian hari akhir menurut agama Islam ialah peristiwa hancurnya alam semesta dengan segala isinya hingga seluruh makhluk hidup didalamnya pun akan binasa. Beriman dan meyakini akan peristiwa hari akhir termasuk dalam rukun iman yang ke lima. Hari akhir ditandai dengan adanya bunyi terompet sangkakala Malaikat Israfil atas perintah Allah SWT. Seseorang tak dapat disebut dengan “mukmin” bila masih mengingkari keberadaan hari akhir.

Tanda-tanda hari kiamat

Selain penjelasan hari akhir menurut agama Islam ialah, Al Quran juga mengertikan proses hari akhir dalam surat Al-Anbiya ayat 104. Allah SWT akan menggulung gunung seperti halnya sebuah lembaran kertas pada hari itu tiba.

Kiamat sugra merupakan hari berakhirnya kehidupan manusia atau sebagian makhluk di muka bumi, sedangkan kiamat kubra ialah kiamat yang sebenarnya. Iman kepada hari akhir atau hari Kiamat adalah salah satu di antara enam rukun iman yang harus diyakini seorang muslim. Keimanan pada hari akhir ini dijelaskan dalam banyak nas Alquran dan hadis, di antaranya dalam surah Al-Hajj ayat 7: “Dan sungguh [hari] Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur,” (QS. Al-Hajj [22]:

Orang yang tidak percayai hari Kiamat merupakan orang yang tak sempurna keislamannya dan patut dipertanyakan keimanannya.

Kata Kunci
https://www suara99 com/6901/apakah-bukti-yang-dijadikan-dasar-perhitungan-dan-pertimbangan-amal-manusia-di-hari-akhir html